2012, Mobil Murah Toyota Hadir di Indonesia

Toyota Etios
Sumber :
  • panasianbiz.com

VIVAnews - Toyota Motor Corporation (TMC) dikabarkan sedang menyiapkan small car atau mobil compact dengan harga murah untuk dipasarkan di tiga negara, yakni China, Brazil, dan Indonesia. Mobil murah Toyota ini rencananya akan dibandrol di bawah Rp130 juta.

Untuk menekan biaya produksi agar lebih efisien, TMC akan memanfaatkan sebagian besar komponen dari Toyota Etios untuk memproduksi mobil murah ini. Etios sendiri telah diproduksi di India. Mobil compact anyar ini bermesin bensin 1.500 cc dan berbanderol di bawah Rp130 juta.

TMC telah memastikan produk baru ini akan hadir di Brazil pada paruh kedua 2012 dengan target produksi 70 ribu unit,  demikian pula dengan Indonesia. Sedangkan, untuk di Cina akan hadir pada 2013. Tentunya hal ini dilakukan dengan meningkatkan market share Toyota di Cina sebanyak 5 persen. Tidak hanya itu, Toyota juga akan menggandeng partner lokal China FAW Group dan Guangzhou Automobile Group guna meningkatkan produknya di negeri tirai bambu itu.

Tak mau kalah, Geely sebagai pabrikan mobil China juga gencar memproduksi mobil murah di pasar Indonesia, seperti hatchback dari Geely, Panda. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp98 juta.

Mobil yang hanya disediakan dengan transmisi manual ini jadi pilihan yang menarik karena modelnya cukup unik. Selain itu, kemampuan mobil ini cukup baik.Terutama jika jarum takometer menyentuh RPM atas.

Pilihan lainnya, yakni Geely LC Cross dengan harga Rp112 juta. Tampilannya yang catchy dan bertenaga membuat membuat mobil ini terlihat garang.

Persaingan mobil murah diprediksi akan semakin sengit dengan kehadiran mobil termurah sejagat, Tata Nano. Dikabarkan mobil buatan India ini akan masuk dan membuka pabrik di Indonesia pada 2013. Pabrik ini bisa memproduksi hingga 50 ribu unit per tahun. Selain Tata Nano, Tata Motors juga berniat merakit mobil niaga seperti Tata Ace.

Mobil mungil asal India ini sudah diekspor ke Sri Lanka untuk dijadikan taksi. Harga Tata Nano langsung melonjak naik hingga hampir tiga kali lipat, akibat tinggi pajak di negeri itu.
 
Harga Tata Nano di Sri Lanka yang sebenarnya masih tetangga India, dijual sekitar Rp72 juta. Harga tersebut tergolong sangat tinggi. Sebab harga asli Tata Nano standar di India ada US$3.000 atau sekitar Rp25 juta. (Reuters)

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024