Ini Dia Motor Injeksi Terbaru Yamaha

Sumber :
  • Flickr

VIVAnews - Semakin ketatnya persaingan motor berteknologi Fuel Injection (FI), tidak membuat Yamaha hanya berdiam diri saja. Mereka bahkan telah siap meluncurkan tiga model sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi di awal 2012.

Dengan teknologi FI terbarunya, yang diberi nama Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), Yamaha yakin motornya akan jauh lebih unggul dari kompetitor utamanya, terutama dari segi konsumsi bahan bakar yang irit dan gas buang lebih ramah lingkungan.

"Tahun depan ada beberapa motor berteknologi Fuel Injection yang akan kami luncurkan. Modelnya apa, kita lihat saja nanti," kata Manager Technical Support Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Muhammad Abidin di sela-sela Workshop Fuel Injection Yamaha, di Jakarta, Kamis malam, 22 Desember 2011.

Menurutnya, saat ini motor injeksi yang dimiliki Yamaha adalah V-Ixion. Tentunya, untuk model terbarunya, Yamaha ingin memulai dari kelas menengah terlebih dahulu. "V-Ixion itu jenis sport, untuk selanjutnya ya di kelas yang lainnya," ungkapnya.

Sebelumnya, seorang sumber di Yamaha Motor Kencana Indonesia menyebutkan, ketiga motor itu adalah jenis skutik dan bebek. Kemungkinan besar adalah Yamaha Mio Sporty dan Soul, serta Jupiter Z.

Seperti diketahui, teknologi YMJET-FI telah dikembangkan pada 2009 silam di Taiwan. Ini merupakan penyempurnaan teknologi injeksi dari generasi sebelumnya.

Perbedaan yang mendasar pada sistem Fuel Injection (FI) terbaru ini adalah posisi injektor yang diarahkan langsung ke ruang bakar. Dengan begitu, konsumsi BBM dipastikan lebih hemat di atas 30 persen, dan menciptakan turbulensi di ruang bakar.

RS Polri Sebut Jasad Kebakaran Toko Frame Mampang Luka Bakar Sampai 100 Persen
Kemenkominfo mengadakan kegiatan talkshow chip in

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan talkshow chip in “Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital” pada tanggal 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024