Cara "Ajaib" Bikin Mobil Bersih Tanpa Dicuci

fit setelah cuci mobil
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Mencuci mobil bisa jadi pekerjaan yang malas dilakukan bagi sebagian orang. Namun, kini ada sebuah solusi jitu yang dapat menghilangkan kewajiban pemilik mobil mencuci kendaraannya.

Dilansir Gizmag, Selasa 24 Juli 2012, para peneliti di Universitas Teknologi Eindhoven Belanda berhasil menemukan lapisan yang mampu memulihkan cat yang tergores dengan menggunakan teknologi nano-capsule.

Tak hanya memiliki kemampuan self-healing, teknologi lapisan ini juga tidak membuat repot pemilik mobil mencuci kendaraannya.

Teknologi ini dapat membuat lapisan atas terlepas akibat tergores, dan lapisan bagian bawah akan membentuk ulang dan menutup goresan untuk memperbaiki permukaan yang rusak.

Lapisan itu juga memungkinkan untuk menciptakan lapisan anti-air yang dapat diaplikasikan di mobil sehingga tetesan air juga akan langsung luruh bersama kotoran.

Dengan begitu, pemilik mobil tidak perlu lagi membawa kendaraannya ke tempat pencucian dengan biaya mahal. Yang dibutuhkan untuk membersihkan mobil hanyalah dengan sesekali saja menyiram kendaran dan mengeringkannya dengan lap.

Bahan pelapis ini akan siap dipasarkan dalam enam hingga delapan tahun ke depan. Teknologi lapisan self-healing bisa juga diterapkan pada layar ponsel, panel surya dan lensa kontak.

Teknologi tersebut membuat bengkel perbaikan cat, salon kendaraan dan perusahaan pencucian mobil siap-siap mengalami penyusutan pendapatan mereka. (sj)

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024