Mobil Murah Agya-Ayla Dijual Awal Tahun Depan

Perkenalan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC), Toyota Agya-Daihatsu Ayla kemungkinan besar akan resmi dipasarkan pada awal tahun depan.

Saat ini pelaku industri otomotif khususnya Grup Astra (Toyota-Daihatsu) memang tinggal menunggu terbitnya regulasi pemerintah soal LCGC.

"Agya-Ayla akan resmi dijual pada awal tahun depan. Regulasi pemerintah paling cepat ke luar akhir Desember nanti," kata seorang sumber di koorporat itu kepada VIVAnews, Senin 5 November 2012.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian sebagai regulator peraturan ternyata juga menunggu pihak industri dalam menyiapkan komponen yang diproduksi secara lokal.

"Ada 115 group komponen yang harus dilokalkan (produksinya). (Regulasi) bisa saja kami keluarkan akhir tahun ini. Tapi kalau industri komponennya belum siap, bisa ada penalti," kata Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Dharmadi.

Diketahui, meski belum ada kepastian regulasi dari pemerintah soal mobil murah ramah lingkungan (LCGC), Grup Astra sudah lebih dulu meluncurkan dua model mobil murah yakni Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla di Jakarta.

Mereka nampaknya ingin jadi yang pertama ketika peraturan LCGC keluar. 'Adik' Avanza-Xenia bakal dibanderol mulai dari Rp75-100 jutaan. Soal konsumsi bahan bakarnya, citycar ini diproyeksikan mencapai 22–30 km/liter.

Toyota Agya yang berarti cepat dan Ayla yang artinya cahaya, dirancang oleh desainer asal Indonesia, yakni Mark Widjaja.

Selain Toyota dan Daihatsu, pabrikan lain seperti Suzuki, Nissan dan Honda juga telah siap menyodorkan mobil murah hasil racikannya. (umi)

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Polisi juga akan memeriksa orangtua dari sopir truk tersebut.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024