Tiga Jagoan Baru KIA untuk Kalahkan Dominasi Jepang

All New KIA Carens
Sumber :
  • Carscoop
VIVAnews -
3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI
KIA Mobil Indonesia (KMI) memiliki "amunisi" untuk melawan dominasi produsen Jepang di pasar mobil Tanah Air. Untuk tahun ini, perusahaan asal Korea Selatan itu bakal menyodorkan tiga mobil baru, yaitu Sorento (SUV), All New Carens (MPV), dan Optima K5 (sedan).

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Direktur Pemasaran KMI, Hartanto Sukmono, mengatakan, tiga mobil baru ini diharapkan bisa terus meningkatkan penjualan KIA pada 2013. Menurut dia, sebanyak 13.651 unit mobil terjual pada tahun lalu atau meningkat 50,3 persen dibandingkan penjualan 2011 sebanyak 9.081 unit.
Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh


Torehan itu membuat KIA
finish
di urutan sembilan penjualan mobil nasional 2012, dengan pangsa pasar 1,2 persen. Pencapaian itu dapat membuatnya bangga, karena hanya KIA, perusahaan non Jepang yang masuk dalam jajaran 10 besar.


"Kami menjadi satu-satunya produsen di luar Jepang yang masuk 10 besar penjualan mobil nasional. Untuk menghadapi persaingan yang makin ketat, kami telah menyiapkan tiga mobil baru itu dari segmen SUV, MPV, dan sedan," kata dia.


Bulan depan, KIA akan meluncurkan KIA Sorento. SUV tujuh penumpang ini bakal berhadapan dengan Pajero Sport, Toyota Fortuner, dan Ford Everest. Sayangnya, Sorento hadir dalam versi mesin bensin, padahal ketiga rivalnya mengusung mesin diesel.


Setelah itu, KIA akan menghadirkan model yang cukup ditunggu-tunggu, yaitu All New Carens. MPV alternatif yang cukup populer di Indonesia itu hadir dengan perubahan desain yang lebih
modern
dan
stylish
.


"Sedangkan mobil terbaru lainnya ada sedan Optima (K5)," tambah dia.


Pihaknya belum mau membeberkan apakah sedan Optima yang akan dipasarkan dilengkapi versi
hybrid.
"Tunggu saja, yang pasti ketiga ini CBU (diimpor utuh),"


Diketahui, penjualan terbanyak KIA berasal dari Picanto.
City car
itu terlego 7.675 unit atau menyumbang 56 persen dari total penjualan KIA. Torehan itu meningkat 2.577 unit atau 50 persen dibanding 2011.


Adapun kontribusi terbesar kedua berasal dari All New Rio.
Hatchback
itu terserap pasar sebanyak 3.234 unit,  atau naik 1.832 unit (130,6 persen) dibandingkan 2011. Kemudian disusul Sportage yang terjual sebanyak 1.634 unit, dan
commercial vehicle
sebanyak 913 unit. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya