Mobil Baru Banjir Diskon Besar, Mobil Bekas Sepi Peminat

Jual beli mobil bekas.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa
– Berbagai cara dilakukan distributor mobil guna menarik minat konsumen. Mulai dari iming-iming hadiah, hingga diskon besar-besaran.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Strategi tersebut tentu menguntungkan penjual mobil baru, tapi di lain pihak justru membuat bursa mobil bekas lesu. Seperti yang terjadi di bursa mobil WTC Mangga Dua.
Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun


Menurut Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua--perusahaan pengelola mal mobil bekas, di kuartal pertama 2013 penjualan mobil seken menurun.


"Kuartal pertama ini penjualan kita turun jadi 6.900 unit, sedangkan kuartal pertama tahun lalu mencapai 7.700 unit," kata Herjanto kepada
VIVAnews
, Rabu 17 April 2013.


Menurut Herjanto, penurunan itu disebabkan banyaknya diskon besar-besaran yang diberikan distributor mobil baru.


"Selain itu konflik Jepang-China juga mempengaruhi. Banyak produk Jepang yang harusnya di kirim ke China dibuang ke Asia, dan yang paling banyak ke Indonesia," kata Herjanto.


Dengan begitu
stock
mobil baru pun menjadi berlimpah. Agar tidak menumpuk di gudang, mobil-mobil itu diberikan diskon cukup besar, supaya laku terjual.


Lebih lanjut, Herjanto mengungkapkan untuk mobil seken yang paling banyak dicari di kuartal pertama adalah Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Toyota Yaris, dan Honda Jazz. "Masih didominasi MVP (
Mutli Purpose Vehicle
) dan
Citycar
," ujarnya lagi. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya