FOTO: Mobil Murah Datsun GO Rp70 Jutaan

Mobil murah Datsun Go
Sumber :
  • Motorbeam

VIVAnews - Selubung mobil murah Datsun akhirnya dibuka Nissan di Gurgaon, India, Senin siang, 15 Juli 2013 waktu setempat. Model pertama Datsun ini diberinama GO, dan akan mulai dipasarkan awal tahun depan dengan kisaran harga mulai 400.000 rupee (Rp70 jutaan).   

Dilaporkan Motorbeam, Senin 15 Juli 2013, mobil hatchback ini menggunakan mesin 1.2 liter bensin 3 silinder bertenaga 75 BHP dan torsi 104 Nm, plus 5 percepatan manual.

Nama GO diambil dari model pertama Datsun (Dat Go) yang diluncurkan 1914 silam di Jepang. Untuk pasar negeri Hindustan, Datsun akan berhadapan dengan Chevrolet Beat, Hyundai Eon, dan Maruti Wagon-R.

Nissan berharap merek Datsun dapat terjual 150 ribu hingga 200 ribu mobil setiap tahun di India. Datsun untuk pasar negeri Hindustan akan diproduksi di pabrik milik Renault-Nissan di Chennai, India.

Dengan menggunakan bahan baku campuran lokal, mobil Datsun akan lebih terjangkau dan dapat dibeli oleh kalangan menengah ke bawah.

Nissan memang tidak ingin menggunakan nama mereka sendiri pada mobil murah, karena berisiko merusak citra merek mereka. Untuk itu, dia memilih membangunkan Datsun dari tidur panjang selama 35 tahun untuk diplot menjadi mobil murahnya.

CEO Nissan Motor Company, Carlos Ghosn yang memimpin langsung perkenalan Datsun, mengatakan bahwa Nissan menargetkan pangsa pasar sebesar 10 persen di India pada 2016. Perusahaan saat ini, hanya memiliki pangsa pasar 1,2 persen, dan rencananya mereka akan meluncurkan 10 produk baru pada 2016 mendatang.

"Mobil murah menjadi sebuah ajang pertaruhan besar produsen Jepang untuk bisa meningkatkan volume penjualan. Kami percaya mobil murah akan menawarkan harga yang terjangkau dan berkualitas kepada pelanggan," kata dia.

Datsun GO memiliki dimensi panjang 3.785 mm, lebar 1.635 mm, 1.485 mm tinggi, serta wheelbase 2.450 mm. Adapun interior Datsun GO belum final, baru dalam tahap pra-produksi.

Di India, calon konsumen mobil Datsun merupakan masyarakat yang ingin beralih dari sepeda motor ke mobil. Datsun memperkirakan konsumen itu memiliki penghasilan sekitar 30 ribu rupee atau sama dengan Rp5,4 juta per bulan.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Datsun diplot Nissan untuk negara berkembang seperti India, Afrika Selatan, Rusia, dan Indonesia.

Di Indonesia, Datsun bakal masuk dalam program mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). Mobil itu akan menjadi penantang serius si kembar dari Toyota-Daihatsu yakni Agya-Ayla, Honda Brio Satya, Suzuki dengan Wagon R G-II Concept.

Nissan Motor Indonesia rencananya memperlihatkan Datsun pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), pada September 2013 mendatang. (asp)

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Mobil murah Datsun Go

Mobil murah Datsun GO

OJK Cabut Izin usaha BPRS Saka Dana Mulia Kudus

Mobil murah Datsun GO

Interior mobil murah Datsun GO

dana asing

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat, modal asing keluar atau capital outflow di pasar keuangan domestik mencapai Rp 21,46 triliun di pekan ketiga April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024