Klimaks Penantian Mobil Murah Ayla dan Agya

Perkenalan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui
- Bagi Anda yang sudah menanti lama mobil murah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya, ada kabar baik. Ya, mobil 1.000cc itu akan diluncurkan secara resmi untuk pasar Indonesia pada Senin pekan depan, 9 September 2013.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Peluncuran baru bisa dilakukan setelah hampir setahun Agya dan Ayla pertama kali diperkenalkan ke publik pada 19 September 2012.
Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore


Kepastian itu diterima setelah
VIVAnews
mendapatkan undangan peluncuran si kembar. Ayla akan lebih dulu diluncurkan pada pagi hari, sedangkan Agya menyusul siang harinya.


Ayla dan Agya merupakan mobil yang diplot untuk ikut program mobil murah ramah lingkungan atau
Low Cost Green Car
(LCGC). Belum lama ini, keduanya memang tengah diverifikasi (audit) oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.


Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, mengatakan, jika lolos dari ketentuan yang berlaku, mulai dari komitmen investasi APM (Agen Pemegang Merek), kandungan komponen lokal serta persyaratan teknis mobil seperti konsumsi BBM minimal 20 km/liter, peserta LCGC akan mendapat insentif pajak.


Ayla-Agya dibekali mesin berkode 1KR-DE DOHC, 3-silinder berkapasitas 998cc dengan tenaga 64 Hp pada 6.000 rpm serta torsi puncak 86 Nm di 3.600 rpm.


Daihatsu Ayla yang diprediksi dijual mulai Rp76-110 juta akan memiliki lima varian. Sedangkan Toyota Agya bakal hadir dengan empat varian dan harga diprediksi Rp80-115 juta.


Ayla diproduksi di pabrik Daihatsu yang berdiri di Karawang, Jawa Barat seluas 94 hektare. Kapasitas produksi pabrik itu mencapai 120.000 unit per tahun. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya