Sejarah Karmann Ghia, Sedan Cantik Bermesin VW

VW Karmann Ghia.
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id - Banyak orang mengenal nama Volkswagen sebagai pembuat mobil kecil berbentuk lucu, VW Beetle, atau yang di Indonesia dikenal dengan nama VW Kodok.

Ramaikan Pasar MPV Mewah, VW Boyong Caravelle ke GIIAS

Selain model Kodok dan Kombi, VW juga pernah membuat mobil yang mengusung desain sport, yakni Karmann Ghia.

Dilansir dari Karmannghiaconnection, Selasa 22 September 2015, VW sengaja menghadirkan mobil ini untuk menaikkan pamor mereka.

Holden Klasik, Kembali ke Ciri Khas Negeri Kanguru

Sejarah Karmann Ghia dimulai tidak lama setelah Perang Dunia Kedua usai. Dengan perekonomian yang mulai membaik, masyarakat membutuhkan kendaraan yang murah sebagai alat transportasi pribadi.

VW sukes menjual jutaan unit VW Kodok kala itu. Namun, para pimpinan VW kemudian memiliki keinginan untuk menaikkan citra perusahaan. Caranya adalah dengan menghadirkan mobil yang tidak umum, namun tetap berkualitas dan dapat diandalkan.

VW Indonesia Tebar Promo di IIMS 2016, Apa Saja?

Kala itu, pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, Chrysler, menjalin kerja sama dengan rumah desain asal Italia, Ghia, untuk membuat beberapa desain mobil mereka. Sementara itu, VW juga menggandeng rumah desain asal Jerman, Karmann, untuk hal yang sama.

Karena saat itu, Karmann tidak memiliki desain yang sesuai, mereka kemudian menghubungi Ghia untuk meminta bantuan. Oleh Ghia, salah satu desain yang dibuat untuk Chrysler, namun tidak jadi dipakai, kemudian diserahkan pada Karmann.

Petinggi VW menyukai desain tersebut, sehingga lahirlah VW Karmann Ghia, Agustus 1955 silam. Produk ini, ternyata sangat diminati oleh konsumen, terutama karena bentuknya yang cantik.

Untuk mesin, VW tetap menggunakan mesin VW Kodok, karena dianggap cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari. Pada tahun pertama, VW berhasil menjual sebanyak 10 ribu unit mobil. Sementara itu, model atap terbuka, yang meluncur di tahun berikutnya, laris dibeli oleh lebih dari 18 ribu konsumen.

Saat pertama diperkenalkan, Karmann Ghia dijual dengan harga US$3 ribu. Kini, dengan kondisi bekas pakai, harga mobil ini bisa mencapai Rp200-800 juta. Bahkan, jika kondisinya masih mulus dan suku cadangnya asli semua, harganya bisa lebih dari Rp1 miliar. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya