Jepang Siap Investasi Mobil Murah

Dengan teknologi Jepang, Indonesia bisa mengembangkan konsep mobil murah ramah lingkungan.

Senin, 11 Januari 2010, 18:19 Hadi Suprapto, Elly Setyo Rini
Tata Nano, mobil super murah a la India tengah dipamerkan.
Tata Nano, mobil super murah a la India tengah dipamerkan. (jalopnik.com)

VIVAnews - Investor Jepang siap masuki investasi mobil murah yang sedang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menjelaskan, kedatangan rombongan delegasi Jepang yang dipimpin Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Perindustrian Jepang Masayuki Naoshima, menyampaikan ketertarikan pada 3 sektor, sektor pengkapalan, otomotif, dan baja.

"Di sektor otomotif, Indonesia dalam lima tahun ini akan membuat low cost car (mobil murah) dan green car (mobil ramah lingkungan)," kata Hidayat usai menerima delegasi Jepang di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 11 Januari 2010.

Dengan teknologi otomotif Jepang yang sudah maju, menurutnya, Indonesia bisa terbantu untuk mengembangkan konsep low cost and green car. "Tapi local content harus 60 persen," ujarnya.

Sementara itu, Indonesia menawarkan investasi di sektor pengkapalan (shipping), karena menurut Hidayat, di masa yang akan datang akan ada proyek besar seperti Blok Masela yang membutuhkan kapal untuk pengangkutan. "Jadi kenapa tidak dibuat saja di dalam negeri," ujar Hidayat.

Sementara di sektor baja, menurutnya, akan ada pembicaraan lanjutan di tingkat official. "Kalau Korea (Posco Korea Selatan) saja berani dengan investasi US$ 5 miliar maka seharusnya Jepang yang menurunkan pemerintahnya melalui menteri ekonomi, mustinya bisa lebih dari US$ 5 miliar," kata Hidayat.

Untuk mengucurkan investasi yang lebih besar ke Indonesia, investor Jepang menginginkan stabilitas pasokan listrik dan gas. "Saat bertemu dengan Presiden tadi siang di istana negara, Presiden jawab, bahwa stabilitas pasokan gas harus diimbangi dengan investasi mereka di proyek migas," ujarnya.

Menurutnya, stabilitas pasokan gas akan dijaga sepanjang kepentingan domestik juga dijaga.

hadi.suprapto@vivanews.com



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru