Studi: Perokok, Berbakat Punya 'IQ Jongkok"

VIVAnews - Para perokok dianggap memiliki indeks tingkat kecerdasan (IQ) yang lebih rendah ketimbang mereka yang bukan perokok. Makin banyak rokok yang dihisap, makin rendah pula indeks IQ yang bersangkutan.

Demikian menurut tes di Israel, yang hasilnya dimuat dalam suatu jurnal ilmiah, Addiction. Tes itu melibatkan lebih dari 20.000 personil militer Israel yang baru direkrut.

Tim peneliti pimpinan dr. Mark Weiser dari Rumah Sakit Sheba Medical Center, Tel Hashomer, mengungkapkan bahwa dari hasil penelitian, para pria muda yang mengisap minimal sebungkus rokok dalam sehari memiliki skor IQ 7,5 lebih rendah dari yang bukan perokok.

"Remaja yang memiliki skor IQ  yang rendah kemungkinan besar akan dilibatkan dalam program anti merokok," demikian kesimpulan tim peneliti dalam jurnal terbaru Addiction, seperti yang dikutip laman harian China Daily, Rabu 24 Februari 2010.

Penelitian itu melibatkan 20.211 pemuda berusia 18 tahun, yang baru direkrut sebagai tentara Israel. Tes itu tidak mencantumkan mereka yang bermasalah dengan gangguan kesehatan, karena sudah pasti mereka tidak lulus menjadi tentara.

Menurut tim peneliti, 28 persen partisipan mengaku rutin mengisap rokok minimal sebatang sehari, dan 3 persen lagi mengaku sebagai mantan perokok berat, sedangkan 68 persen lagi mengaku belum pernah merokok.

Setelah melalui tes dan survei, rata-rata partisipan yang tidak merokok memiliki skor IQ 101. Sedangkan mereka yang pernah merokok sebelum masuk dinas militer hanya bernilai IQ 84.

Skor IQ pun kian rendah bersamaa dengan bertambahnya jumlah batang rokok yang dihisap. Mereka yang hanya mengisap lima batang memiliki skor 98, delapan poin lebih besar dari yang mengisap lebih dari satu bungkus (sekitar 10-12 rokok) dalam sehari. 

Namun, mereka masih masuk dalam katagori cukup cerdas, atau yang memiliki skor antara 84 hingga 116. Menariknya, tim peneliti juga menilai bahwa mereka yang punya IQ rendah cenderung memilih untuk merokok.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024