Splash, Mini MPV Pertama dari Suzuki

VIVAnews - Akhir pekan lalu PT Suzuki Indomobil Sales selaku ATPM Suzuki di Indonesia meluncurkan produk terbarunya, Splash. Seperti namanya, Splash diharapkan dapat membawa kesegaran baru bagi industri otomotif, khususnya pasar mini MPV di Indonesia. 

Suzuki mengklaim, Splash merupakan mini MPV pertama yang dipasarkan di Indonesia. Mobil ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga muda atau pasangan muda yang stylish, energik, dan memliki karakter selalu melangkah maju ke depan atau Go Onwards!, sesuai dengan tagline kendaraan ini. 

Pada 2003, design dan styling Splash mulai dikembangkan di Jepang oleh Akira Kamio. Dia mulai menganalisa karakter–karakter yang diperlukan bagi mobil mini-MPV Eropa mendatang. Setahun kemudian, tim desain Suzuki dari Jepang terdiri dari 10 orang pergi ke Jerman untuk menganalisa trend mobil Eropa dan perkembangan fashion, gaya hidup, dan desain. 

Lalu pada akhir September tahun 2006, proyek Splash untuk pertama kali diperkenalkan di Mondial de l’Automobile Show di Paris. Produksi massalnya diluncurkan di Frankfurt Motor Show pada 2007. Kemudian, mulai dipasarkan pertama kali di Eropa dan Jepang pada 2008. Sedangkan di India dengan nama Ritz pada 2009. Saat ini Splash diproduksi di Hongaria dan India.

Dengan mengusung filosofi Suzuki Global ’Way of Life’ dalam rancangannya, maka Splash hadir sebagai kendaraan yang menyenangkan untuk dikendarai, digunakan, dan dimiliki.

Eksterior
Dibagian eksterior, desain terlihat dari desain tail lamp yang stylish pada bagian belakang bodi . Desain lekukan tail lamp memanjang vertikal di kedua sisi dan menyatu dengan bodi, menimbulkan kesan yang mewah. Untuk desain lampu bagian depan terdapat lampu kristal yang besar dan stylish dilengkapi multireflektor dan 5-leveling adjuster, memberi kesan mewah dan elegan.

Interior
Suasana elegan, stylish dan sporty juga bisa dilihat dari bagian interiornya. Panel instrumen dirancang dengan bentuk yang eksklusif. Center garnish terlihat stylish dan sporty, melalui perpaduan warna hitam dan perak serta dilengkapi dengan tachometer yang diletakkan di atas dasbor. Speedometer yang didesain dengan petunjuk bahan bakar model digital ini terkesan lebih sporty. Gear shift dibuat menyatu dengan center console, sehingga menambah kesan modern dan elegan pada keseluruhan interior depan.

Ruang kabin Splash dirancang lapang di bagian head room dan leg room terutama di bagian belakang sehingga penumpang bisa merasakan kenyamanan berkendara. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini memliki ruang bagasi yang lega dan kursi belakang dapat dilipat sehingga memudahkan untuk memasukkan dan mengeluarkan barang bawaan.

Head unit menggunakan audio system yang dilengkapi CD player yang bisa memutar MP3, USB connection serta sistem aux-in yang dapat dihubungkan langsung dengan iPod, sebuah fitur yang saat ini baru terdapat pada kendaraan setingkat di atasnya, tapi konsumen mini MPV bisa menikmatinya di mobil Splash.

5-leveling adjuster terdapat disebelah kanan pengemudi dan mudah dijangkau dan berfungsi mengatur fokus penyinaran untuk keselamatan dan kenyamanan ekstra pengendaranya dimana fitur ini tidak dimiliki oleh produk sekelasnya.

Sistem Keamanan
Selain stylish, Splash juga dirancang dengan tingkat keamanan tinggi, melalui penggunaan kerangka TESS Body (Total Effective Strength Structure), yang melindungi penumpang dari benturan samping dan memberikan standar keamanan yang lebih baik. Splash dirancang dengan kaca depan yang lebar, selain ergonomis, juga memberikan kenyamanan dan sudut pandang yang leluasa bagi pengendara.

Selain dilengkapi sistem keamanan dan fitur yang lebih modern, Splash tersedia dengan pilihan warna baru yang menarik dan dinamis, yaitu Firebrick Red, Blue Blaze, Midnight Black, Silky Silver dan Baker’s Chocolate, yang sesuai dengan selera konsumen Splash berusia 24-29 tahun yang aktif, modern, dinamis, trendy, smart dan ingin meraih kesuksesan.

Kini mini MPV yang kompak dengan sentuhan Eropa itu sudah bisa dinikmati konsumen Indonesia, melalui dua tipe yang tersedia, yakni tipe Standar dan GL. Perbedaanya terdapat pada audio system, ban, velg, dan security alarm (pada tipe GL).

Splash dibekali childproof door lock. Peranti ini memberikan keamanan ekstra bagi anak-anak. Penggunaannya pun mudah. Cukup menggeser tombol dari free ke lock, pintu hanya bisa dibuka dari luar, sehingga aman bagi anak-anak yang duduk di dalam kendaraan yang sedang melaju. Untuk faktor keamanan, Splash dilengkapi Immobilizer dan alarm, sebuah sistem yang mampu mencegah terjadinya pencurian. Sistem ini secara otomatis mencocokkan kode kunci saat mesin dihidupkan.

Mesin
Splash menggunakan mesin generasi terbaru K 12 M berbahan aluminium yang ringan, dan bertenaga. Konfigurasi mesinnya adalah 4 silinder segaris, 1.200 cc, DOHC, 16 katup. Didukung pasokan bahan bakar injeksi, tenaga maksimum 85 PS/ 6.000 rpm dengan torsi maksimum 113 Nm/ 4.500 rpm.

Mesin mobil ini menggunakan Drive-By-Wire Technology sehingga menghasilkan kinerja mesin lebih akurat dan responsif karena adanya sistem sensor ECM (Electronics Control Module) maka keseluruhan kinerja mesin dan pengaturan bukaan katup dari pedal gas tidak lagi menggunakan kabel gas. Tenaga yang dihasilkan pun menjadi optimal, bahan bakar lebih hemat dan emisi CO2 yang rendah sehingga lebih ramah terhadap lingkungan atau eco-friendly.

Splash adalah mobil fun to drive sehingga dapat dikendarai dengan menyenangkan karena memiliki pengendalian yang baik, saat melaju di jalan lurus maupun berliku. Setir dilengkapi dengan electronic power steering yang memudahkan pengemudi saat menyetir. Suspensi depan 

menggunakan model McPherson Strut dengan coil spring yang dapat bergerak independen dan bagian belakang menggunakan Torsion Beam dengan coil spring yang dapat meredam guncangan saat melewati kondisi jalan yang rusak/ kasar.

Rem menggunakan model cakram berventilasi untuk bagian depan. Ketika mobil melakukan pengereman secara tiba-tiba dalam kecepatan yang tinggi, ventilasi mampu melepas panas lebih cepat, sehingga sepatu rem dapat mencengkeram cakram secara penuh. Pengereman menjadi lebih optimal dalam segala kondisi.

Splash dipasarkan dengan harga Rp 139 juta untuk tipe ST dan Rp 145 juta untuk tipe GL on the road di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

hadi.suprapto@vivanews.com

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024