Kenapa BMW Hadirkan M1 Hommage

IIMS 2010 : BMW M1 Hommage
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - BMW Indonesia sengaja memboyong mobil konsep BMW M1 Hommage langsung dari Munich, Jerman, khusus untuk ajang Indonesia International Motor Show 2010. BMW akan memamerkan selama IIMS berlangsung, 23 Juli hingga 1 Agustus 2010.

BMW Indonesia juga menyatakan, kehadiran M1 sebagai penghormatan terhadap sejarahnya yang panjang pada mobil ini. Divisi BMW Group Design menciptakan BMW M1 Hommage untuk memperingati 30 tahun keberadaan super sport car BMW M1 yang legendaris tersebut di Concorso d'Eleganza Villa d'Este pada 2008.

BMW M1 dirancang oleh Giorgio Giugiaro. Mobil ini terkenal dengan kemampuan tenaga yang besar, sehingga menarik bagi para pembalap. Paul Bracq mengadopsi model ini menjadi BMW Turbo, mobil konsep revolusioner yang tak hanya menonjolkan desain fungsional tetapi juga inovasi.

Dari dua mobil unik inilah, idealisme BMW M1 Hommage lahir. Suatu studi desain yang berawal dari penghargaan terhadap model–model masa lalu dan refleksi dari kompetensi, kreativitas, dan potensi dari divisi BMW Group Design.

"Bagi BMW, tradisi selalu menjadi sesuatu yang hidup," kata Klaus Draeger, Board Member BMW Group untuk Pengembangan. "Dalam semangat Giugiaro dan Bracq, BMW M1 Hommage menyatukan nilai-nilai desain dan teknologi BMW dalam interpretasi yang menarik dan penuh cita rasa."

Christopher E Bangle, ex-direktur BMW Group Desig, mengatakan bahwa BMW M1 adalah mobil super sport yang tangguh dan membangkitkan emosi. Pendahulunya, BMW Turbo yang didesain oleh Paul Bracq, menampilkan solusi teknis yang inovatif dalam desain yang penuh cita rasa. Paduan teknologi dan desain, nalar dan rasa menyatu dalam BMW M1 Hommage.

Interpretasi dari BMW M1 dan konsep mid-engine yang otentik dalam perspektif masa kini, tertangkap di M1 Hommage. Mengadopsi tampilan luar BMW M1 warna hitam dan oranye yang khas, BMW M1 Hommage ini mengingatkan warna klasik BMW M1.

Bahkan BMW berani mengatakan, begitu menyebut BMW M1, sejumlah orang akan teringat logo kembar khas-nya yang terpasang di bagian belakang, di atas lampu belakang. Bagi BMW, lambang ini merupakan ciri khas model mid-engine.

Di saat awal mendesain BMW M1, lambang kembar ini merupakan unsur pertama yang akan dipasang, bahkan jauh sebelum sketsa awal mobil digoreskan. Demikian pula BMW M1 Hommage, juga mengadopsi simbol kembar ini.

Unsur spesifik lain yang diambil dari BMW M1 adalah ventilasi udara pada kap mesin, kisi-kisi pada kaca bagian belakang, serta garis potong hitam yang membagi atap dari bagian belakang. Secara keseluruhan, dimensi eksterior BMW M1 Hommage sangat mirip dengan BMW M1, kecuali sumbu roda yang lebih panjang yang memperluas kabin penumpang.

Terinspirasi oleh desain pesawat terbang, mobil ini juga secara keseluruhan mengalirkan udara yang halus melalui bagian badan kendaraan. Misalnya, aliran pendingin udara untuk mesin diposisikan untuk mengalir di bawah garis atap, melalui garis-potong ceruk warna hitam di sepanjang sisi kendaraan ke belakang grafis jendela. Bukaan dan celah kecil mengalirkan udara ke dalam kompartemen mesin untuk memastikan pasokan pendingin udara yang cukup.

“Proyek seperti ini merupakan sumber inspirasi yang sangat berharga dalam melakukan pekerjaan kami sehari-hari," kata Adrian van Hooydonk, Direktur Desain BMW Group. (umi)

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?
Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024