Yuk, Siapkan Mobil untuk Mudik

Ilustrasi mudik
Sumber :
  • wordpress.com

VIVAnews - Lebaran sebentar lagi. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, tak lengkap rasanya bila merayakan Lebaran tanpa kampung halaman. Karena itu, mudik telah menjadi "menu" wajib Lebaran.

Bagi Anda yang akan mudik menggunakan mobil sendiri, alangkah baiknya bila mempersiapkannya sedini mungkin. Apalagi jika akan membawa keluarga.

Berikut tips-tips untuk mencegah terjadinya hambatan berkendara selama mudik:

Pertama, siapkan kendaraan Anda dengan baik. Periksa tekanan ban, minyak pelumas (oli), ban serep, dan hal-hal teknis lain yang mungkin bisa bermasalah di tengah jalan. Bila perlu, bawa ke bengkel untuk diservice dan diganti oli terlebih dulu.

Kedua, jangan lupa membawa perlengkapan tambahan seperti senter dan lampu darurat. Supaya lebih aman, ada baiknya Anda melihat prakiraan cuaca sebelum berangkat. Bila diperkirakan hujan, siapkan payung, dan bila perlu, Anda bisa membawa selimut.

Ketiga, telepon genggam. Benda mungil ini bisa menolong Anda di saat-saat kritis. Pastikan Anda menggunakan provider yang sinyalnya kuat, baik di daerah perkotaan maupun tempat terpencil. Selalu pastikan baterei HP Anda selalu terisi.

Telepon genggam juga bisa berfungsi sebagai hiburan saat Anda jenuh dengan bermain game sebentar.  Anda juga bisa membuka website-website berita seputar rute yang dituju, atau berita yang lain.

Keempat, bawa kotak P3K. Kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ini penting Anda bawa di dalam mobil. Isi dengan obat-obatan ringan seperti obat luka, perban, dan minyak kayu putih. Apalagi bila ada si kecil turut bersama Anda, isi juga obat keperluan dia.

Kelima, ambil waktu istirahat secara teratur. Tubuh kita mempunyai batas kekuatan dalam menyetir. Apalagi dalam keadaan macet, istirahatkan agar kembali segar. Anda bisa melakukan setiap dua jam sekali.  Menepi dan beristirahat lah sebentar. Atau kalau ada kerabat yang bisa menyetir, bisa Anda minta gantian.

Keenam, bawalah mainan favorit si kecil. Bila Anda membawa si kecil, bawalah mainan kesukaan dia. Dengan begitu, konsentrasi Anda tak akan teralih dengan tingkah laku si kecil yang rewel. Tapi pastikan pula mainan itu tak menimbulkan suara terlalu gaduh, karena bisa-bisa Anda kesal dibuatnya.

Terakhir, selalu gunakan sabuk pengaman. Selamat mempersiapkan mudik Lebaran. (AutoTrader)

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel

(umi)

Ilustrasi cadangan devisa, utang luar negeri, modal asing, dan devisa hasil ekspor.

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya

Bank Indonesia (BI) mencatat, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Februari 2024 sebesar US$407,3 miliar. Jumlah itu mengalami kenaikan US$1,6 miliar dari Januari 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024