OTOMOTIF

Harga Mobil Murah "Tata Nano" Naik 3-4%

Bahan baku kendaraan sudah naik tinggi. Tidak mungkin perusahaan tidak menaikkan harga.
Jum'at, 13 Agustus 2010
Oleh : Hadi Suprapto
Tata Nano, mobil super murah a la India tengah dipamerkan.

VIVAnews - Setelah memukau karena harganya yang sangat murah, Tata Motors India akhirnya menaikkan harga Tata Nano. Kenaikan harga ini persis setelah satu tahun diluncurkan.

Dalam keterangannya, seperti dikutip dari Raod & Track Jumat 13 Agustus 2010, Tata Motors akan menaikkan harga sekitar 3 - 4 persen dari harga yang ditawarkan saat pertama diluncurkan, US$ 2.100 (sekitar Rp19 juta).

Tata beranggapan, baja dan bahan-bahan baku lain sudah mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Sehingga tidak mungkin perusahaan menyerap kenaikan harga itu.

Mobil rakyat India ini memang sengaja dikembangkan untuk keluarga yang kurang mampu. Ini diharapkan agar masyarakat pengguna sepeda motor beralih ke mobil murah ini.

Dalam upaya menekan harga serendah mungkin, insinyur membuat Tata Nano dengan model yang sangat sederhana. Tidak ada airbag, tidak ada power steering, dan tidak memiliki power brake. Pabrikan akan mengenai biaya tambahan bagi masyarakat yang menginginkan fitur tambahan lain.

Meskipun harga mengalami kenaikan, seluruh model Tata Nano masih sama. Dapur pacunya masih menggunakan mesin bensin berkapasitas 624 cc dengan dua silinder yang bisa menghasilkan tenaga 35 bhp.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found