OTOMOTIF

Tips Aman & Nyaman Saat Mudik

Saat menempuh perjalanan jauh, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik.
Jum'at, 20 Agustus 2010
Oleh : Hadi Suprapto
Ilustrasi mudik

VIVAnews - Tidak afdal rasanya bila merayakan Lebaran tidak di kampung halaman. Tak heran bila akhirnya tradisi mudik sangat lekat di Indonesia.

Jutaan orang rela "bermacet ria" supaya bisa berkumpul sanak saudara di hari yang fitri itu. Atau, mereka rela berdesak-desakan untuk mendapatkan tiket mudik bagi mereka yang menggunakan kereta api, pesawat, maupun kapal laut.

Karena itu, perjalanan mudik yang cukup melelahkan harus dipersiapkan dengan baik. Berikut tips berkendara aman ala Honda Indonesia, bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi saat mudik nanti:

Kesiapan kondisi tubuh
Saat menempuh perjalanan jauh yang membutuhkan konsentrasi dan ketahanan, kondisi tubuh menjadi hal yang sangat vital. Pastikan bahwa sebelum mudik Anda dan keluarga dalam keadaan fit.

Bila perlu, Anda dan keluarga bisa memeriksakan kesehatan terlebih dulu sebelum berangkat. Jangan lupa siapkan obat-obat yang sifatnya umum seperti obat sakit kepala, flu, pilek, dan perut kembung.

Periksa kelayakan dan kelengkapan kendaraan
Persiapan matang sebelum berangkat adalah kunci utama agar terhindar dari insiden yang tidak perlu. Cek kondisi kendaraan yang sifatnya vital, seperti oli mesin, tekanan ban, minyak rem, air radiator, wiper fluid, dan lampu.

Jangan lupa juga mengecek oli transmisi bila Anda menggunakan kendaraan transmisi otomatis. Siapkan perlengkapan seperti surat-surat, segitiga pengaman, kotak P3K, tool kit, ban cadangan, dan oli cadangan.

Atur barang bawaan
Saat melakukan perjalanan mudik, biasanya banyak barang yang hendak dibawa, tapi ingat jangan sepelekan kapasitas bagasi kendaraan Anda.

Bila terpaksa Anda harus membawa barang yang banyak, lebih baik Anda membagi barang bawaan dalam beberapa tas kecil. Jangan memakai koper besar yang hanya akan memakan tempat. 

Susun barang bawaan Anda agar terkuci satu sama lain. Susunan barang jangan sampai mengganggu jangkauan pandangan pengemudi. Jangan lupa, letakkan barang yang sering dipakai pada bagian yang paling mudah diambil.

Aman dan nyaman di jalan
Saat berkendara menempuh jalan jauh, Anda bisa saja merasa bosan. Tetap selalu gunakan sabuk keselamatan. Patuhi peraturan lalu lintas dan selalu memperhatikan indikator pada panel instrumen kendaraan. Bila Anda mengantuk, menepilah.

Bagi Anda yang membawa anak kecil, jangan lupa membawa mainan kesukaan anak, sehingga konsentrasi Anda tidak terganggu oleh rengekan kebosanan anak.

Bila mogok di jalan
Bila mobil Anda mogok atau ban kempis di tengah jalan, jangan panik. Sebelum memutuskan berhenti, pelajari dulu kondisi sekitar, pastikan tempat tersebut aman.

Hidupkan lampu hazard dan pasang segitiga pengaman untuk menghindari terjadinya tabrakan dari arah belakang. Cek kondisi kendaraan yang cermat dan hubungi nomor darurat atau bengkel cari bengkel terdekat bila Anda tidak dapat mengatasi masalah.

Selamat merayakan Lebaran di kampung halaman. (hs)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found