Komunitas Matic Takut Ekslusif

VIVAnews - ”Waduh, sorry nih, anak-anak nggak bisa ngumpul semuanye. Banyak yang lagi pada kerja. Seadanya aje, ye...,” ujar Babe Lili saat menyambut kedatangan wartawan VIVAnews, Rabu 8 Oktober 2008.

Pemilik warung "Ikan Bakar Babe Lili" di Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, yang bernama asli Madji ini adalah pendiri Community Matic Jakarta (CMJ).

Ketika VIVAnews berkunjung ke kedainya, hari itu, di atas trotoar, berjajar tujuh unit sepeda motor matik Kymco aneka jenis. Berjajar rapi menghadap Jalan Wahid Hasyim. Mulai SR 110, Trend 125 hingga Grand Dink yang berdapur pacu 250 cc.

”Nama klub kite tadinye bukan ini (Community Matic Jakarta). Kita udeh ganti nama berkali-kali,” kata Babe Lili membuka cerita, diamini Arie Hidayah yang berpredikat sebagai Humas klub, pasangan bersaudara Agus dan Erick, Fani, serta Siyo sang Penasihat klub.

Klub ini berdiri awal 2000 dengan nama Jakarta Kymco Club. ”Anggotanya, di antaranya saya, Babe Lili, dan Pangky Suwito,” kata Siyo.

Dirasa terlalu ekslusif, JKC dibubarkan. Kemudian dibentuk Ikatan Motor Kymco Indonesia.

IMKI yang waktu itu diketuai dr. Slamet bertahan hingga beberapa tahun. Belakangan vakum dan kembali bersalin nama menjadi Kymco Motor Club Jakarta yang juga familiar dengan sebutan Kymco Club Jakarta (KCJ).

Maret 2007, para anggota organisasi ini merumuskan nama baru untuk mengganti IMKI. Salah satu alasannya adalah, ”Masih ada grup-grup kecil di dalam klub. yang kaya, ngumpul sama yang kaya. Yang motornya jelek nggak dianggap," kata Babe Lili.

Nama baru yang dirumuskan mereka tidak lagi mengutip nama Kymco sebagai embel-embel. Tujuannya agar eksklusivitas klub hilang. CMJ, Babe Lili dan rekan-rekannya menegaskan, bukanlah wadah yang mengkhususkan satu merek motor sebagai anggota. Siapa saja bisa masuk Community Matic Jakarta.

Memang, mayoritas anak-anak Kymco masih mendominasi klub ini. ”Tapi, kita nggak nutup diri. Semua yang punya matik bisa gabung,” kata Arie. Sedikitnya 300-an pemilik motor matik terdaftar sebagai anggota CMJ.

Banyak agenda rutin dan tak rutin yang dilakoni klub ini sejak berdiri. Mulai turing bulanan hingga turing dadakan yang dilakukan atas inisiatif spontan anggota kala berkumpul.

Agenda lainnya adalah menonton film dokumentasi dan berdiskusi tiap Jumat malam di warung makan Babe Lili. ”Kami juga suka bikin bakti sosial, atau mengadakan acara gabungan dengan klub motor lain,” ujar Arie. ”Januari 2009 besok, recananya mau bikin tur Jambore Jakarta-Bali-Kalimantan.” | DEDI SUPRIATNA

Depok Masuk Aglomerasi DKJ, Wakil Wali Kota: Semoga Lebih Banyak Positifnya
Tangkapan layar anggota TNI tewas tersambar petir di Cilangkap

Berteduh Sambil Main HP, 3 Anggota TNI Tersambar Petir di Dekat Mabes Cilangkap

Tiga orang anggota TNI tersambar petir di depan kawasan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Hal itu diungkap Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Nugraha Gumilar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024