OTOMOTIF

Galeri Foto, Mobil-mobil Mewah Sultan Bolkiah

Bila tiap hari Sultan menggunakan satu mobil, butuh 20 tahun agar bisa dinaiki semua.
Jum'at, 1 Oktober 2010
Oleh : Hadi Suprapto
Rolls Royce President Limousine, salah satu mobil koleksi Sultan Bolkiah

VIVAnews - Ini cerita tentang Sultan Hassanal Bolkiah. Pemilik kerajaan yang cuma secuil di pinggir Pulau Kalimantan. Anugerah minyak membuat negara berpenduduk 330 ribu itu kaya raya. Termasuk rajanya, Sultan Bolkiah.

Gambaran kemakmuran negeri mungil itu dilihat dari koleksi mobil warga negaranya, terutama sultan. Dia memiliki koleksi 7.000 mobil yang semuanya disimpan di lima garasi raksasa dekat istana kerajaan. Bila tiap hari Sultan menggunakan satu mobil, butuh 20 tahun agar semua mobil itu bisa ditumpangi.

Koleksi sang raja bukan sembarang mobil. Jenisnya beragam dan mahal. Dia hanya mengoleksi mobil dengan kriteria: paling mahal, paling indah, paling jarang, paling cepat, dan paling unik. Dia memiliki Bugatti Veyron yang merupakan mobil termahal dunia saat ini dengan harga sekitar Rp20 miliar. Tidak hanya termahal, Veyron juga menjadi mobil tercepat 2010 versi Super Cars.

Menurut catatan Harian Inggris The Daily Mirror, 30 Juni 2010, Sultan memiliki 604 Rolls Royce, 574 Mercedes, 452 Ferrari, 382 Bentleys, 209 BMW, 179 Jaguar, 134 Koenigseggs, 21 Lamborghini, 11 Aston Martins, dan 1 SSC.

Foto-foto mobil Sultan Bolkiah bisa Anda lihat di sini.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found