Ini Mobil Bekas Paling Sering Dicari

Mobil keluarga tetap menjadi idaman bagi masyarakat Indonesia.

Kamis, 14 Oktober 2010, 06:30 Hadi Suprapto
Bursa mobil bekas
Bursa mobil bekas (Adhisata.com)

VIVAnews - Mobil keluarga tetap menjadi idaman bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya pada mobil baru, penjualan mobil keluarga bekas juga lumayan tinggi.

Sidik Sukandar, praktisi jual beli mobil di Depok mengatakan, mobil-mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia masih merajai show room Bintang Utama Motor, miliknya. Padahal, boleh dikata, harga kedua mobil ini hanya beda tipis dengan harga baru.

Xenia Li 1.000 cc misalnya, harga mobil bekas tahun 2007 masih dipasarkan sekitar Rp100 juta. Padahal bila beli baru dengan tahun produksi 2010, masih dapat Rp123 juta. "Selisihnya sangat tipis sekali," kata dia kepada VIVAnews.

Selain Avanza-Xenia, mobil incaran lain adalah Toyota Kijang kapsul dan Kijang Grand Extra. Sayangnya kedua barang ini sangat sedikit, jadi harganya sangat tinggi. "Grand Extra tahun 1996 dengan kondisi mulus masih dipatok Rp65-70 juta," katanya.

Bila Anda memilih mobil bekas, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti:

1. Pilihlah show room atau dealer mobil yang terpercaya dan memberikan garansi kepada pembeli. Bila membeli lewat orang, yakinkan asal usul mobil tersebut.

2. Jangan gampang terbujuk pada penjual yang menawarkan mobil bekas dengan harga sangat murah. Lazimnya mobil bermasalah alias curian, penjual  akan menawarkan serendah mungkin agar cepat laku.

3. Jangan begitu saja percaya bila penjual mengatakan Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) yang asli hilang, dan Anda hanya diberi salinan. Karena bisa saja BPKB mobil tersebut bermasalah.

4. Datanglah ke bagian Tata Usaha STNK dan BPKB Kantor Samsat di Polda setempat untuk mengecek apakah mobil yang Anda beli sedang tidak bermasalah atau pernah masuk dalam daftar blokir (mobil hilang). Periksa pula kesesuaian surat-surat dengan nomor mesin, nomor rangka, dan nomor BPKB kendaraan yang hendak dibeli.

5. Mintalah salinan KTP atau identitas penjualnya, catat alamat dan nomor telepon si penjual mobil yang mudah dihubungi. Ini penting bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan data untuk mengurus surat-surat kendaraan.

6. Setelah dibeli, segera urus balik nama surat-surat kendaraan Anda. (Mobil88/hs)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
grahamobil
24/01/2011
Sekedar info: mo liat daftar harga mobil bekas ? kunjungi Grahamobil.com
Balas   • Laporkan
namavalid
14/10/2010
lom penah beli bekasan gan, ngeri !!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id