Skuter Matik Terbaru dari Honda

Spacy menyediakan bagasi hingga 18 liter, yang bisa memuat helm "full face".

Rabu, 4 Mei 2011, 20:43 Hadi Suprapto
Skuter matik Honda Spacy
Skuter matik Honda Spacy (VIVAnews/Hadi Suprapto)

VIVAnews - PT Astra Honda Motor melucurkan skuter matik Spacy, di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu 4 April 2011. Skuter matik yang menyasar segmen level bawah berdampingan dengan BeAT ini dibandrol Rp11,75 juta dan Rp12,55 juta

Presiden Direktur Astra Honda Yusuke Hori mengatakan, Spacy merupakan produk global yang pertama kali diluncurkan di Indonesia. Dulunya produk ini santer disebut-sebut sebagai Dio. "Saat ini Spacy baru diproduksi di Indonesia dan China," kata dia saat peluncuran. "Spacy akan dijual di Jepang, Eropa, China, dan negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Vietnam."

Yusuke mengatakan, peluncuran pertama di Indonesia, karena pasar sepeda motor matik di Indonesia sedang berkembang pesat. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir penjulan skuter matik telah melampaui penjualan motor bebek.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada 2006, saat kali pertama Honda masuk pasar matik, penjualan skuter matik hanya 8,3 persen atau 371.116 unit. Dalam kurun empat tahun angka itu melonjak menjadi 3,37 juta pada 200.

Sementara itu, pada kuartal pertama tahun ini, untuk kali pertamanya, pangsa pasar skuter matik bisa menggeser bebek. Pada periode Januari-Maret, kontribusi skuter matik menacapai 49,75 persen dari total penjualan sepeda motor nasional.

Karena alasan ini, Honda terus menambah lini di segmen skuter matik. "Peluncuran Spacy melengkapi salah segmen jajaran skuter matik milik Honda," ujar Yusuke.

Dia mengatakan, di segmen skuter matik premium saat ini Honda memiliki PCX, sedangkan di segmen atas memiliki Vario Techno CBS, Vario Techno, Vario. Di segmen menengah adalah Scoopy. Sedangkan di segmen bawah ditempati BeAT dan Spacy.

Sebenarnya dari sisi mesin tak ada perbedaan antara Spacy dengan BeAT. Mesinnya masih sama, 110 cc, 4 langkah, OHC yang bertenaga 8,54 PS pada 8.000 rpm dan torsi 8,03 Nm pada 6.000 rpm. Honda mengklaim, konsumsi mesin ini 1 liter per 41 kilometer.

Perbedaannya, Spacy yang menyasar rumah tangga baru atau lak-laki dan perempuan dewasa ini termasuk bongsor. Tak seperti BeAT yang menyasar kaum muda.

Spacy menyediakan bagasi sampai 18 liter, yang bisa memuat helm full face. Tak cuma itu, Spacy juga menyediakan tangki bahan bakar hingga lima liter. "Sekali ini BBM, Spacy mampu menjelajah 205 kilometer."

Memang, Honda melakukan beberapa perubahan untuk mendapatkan ruang bagasi itu. Honda mengubah aki dan filter ke bagian depan, sehingga ada sisa banyak ruang di bawah jok.

Sayangnya, bodi yang besar ini malah membuat akselerasi kurang mantap. Saat VIVAnews.com mencoba, hentakan awal lebih berat dibandingkan BeAT. Tak heran bila dalam jarak 200 meter, Spacy menempuh 13,5 detik, sedangkan BeAT hanya 12,5 detik.

Fitur lain yang ditawarkan masih serupa dengan model-model sebelumnya, seperti tuas pengunci rem, standar samping otomatis, dan pengaman kunci otomatis bermagnet. Fitur baru lain yang ada di Spacy adalah auto headlight on yang bisa menyala saat mesin hidup.

Honda Spacy ditawarkan dalam dua varian, yakni dengan velg jari-jari dan palang (casting wheel). Ada beberapa pilihan warna yang ditawarkan, mulai emperor black, imperial white, royal blue, majestic red, dan legacy green.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
bikerss69
23/08/2011
nggak kepengen sama sekali kurang jantan
Balas   • Laporkan
bikermoge
26/07/2011
jelek, lampu belakangnya kaya mocin..., filter diluar nutupin ban blakang, jadi kerameran...
Balas   • Laporkan
karstenarie
22/07/2011
bodinya gendut, jelek...pokoknya BEAT is the best matic!!!!
Balas   • Laporkan
firdaus07
07/07/2011
sebener'a tempat helm itu ga penting malah bikin jelek ke body'a,,, helm kan buat di pake bukan buat di taro di bagasi!!!!
Balas   • Laporkan
Kholili
02/07/2011
wah ini sebenarnya yg ditunggu2 honda matic dg lampu di kepala tdk di perut, tp sayang lampunya otomatis nyala padahal tdk mesti butuh hidup mis ketika mesin dipanasi atau dlm posisi diam.....ahirnya gak jd beli yg ini deh....sayang2....sayang.....
Balas   • Laporkan
saliekz
27/06/2011
gk seneng blasss elek modele
Balas   • Laporkan
mahmudah
21/06/2011
Terlalu gendut bodynya.... ga suka aku mah.... poko'e I love MIO..
Balas   • Laporkan
titan_tsar
09/06/2011
Saingan matic makin nambah
Balas   • Laporkan
dedi krismanto - medan
31/05/2011
mantap................ dari analisa lebih sejajar di level atas seperti vario ...... jadi tunggu apa lagi cuma 13.500.000 potongan 300.000
Balas   • Laporkan
fansaiyan
24/05/2011
wah lumayan tuh kalau misalnya bepergian jauh yang gak ada pom bensin nya,, bisa bawa bensin di dalem nya,, hahaha
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id