Honda Motor Raih Pangsa Pasar 51,8%

Pabrik sepeda motor Honda.
Sumber :
  • AHM

VIVAnews - Mengakhiri  paruh pertama 2011, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meraih pangsa pasar 51,8 persen setelah membukukan penjualan 2.099.349 unit. Pencapaian ini semakin mengokohkan kepemimpinan Honda di pasar sepeda motor nasional.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang semester I tahun ini, AHM berhasil mencatat pertumbuhan penjualan 26 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 1,66 juta unit. Pertumbuhan penjualan motor Honda tersebut jauh melampaui pasar motor nasional yang hanya tumbuh 12,7 persen. Pada semester I tahun ini penjualan motor di pasar domestik tercatat 4,056 juta unit, sedangkan periode yang sama tahun lalu hanya 3,599 juta unit.

Direktur Marketing AHM Auddie A. Wiranata mengatakan, pada semester I tahun ini Honda tidak hanya unggul dari sisi pertumbuhan penjualan saja, dari sisi volume penjualan, Honda juga semakin jauh meninggalkan pesaing terdekatnya, dengan selisih penjualan 453.265 unit.

“Bahkan khusus pada bulan Juni, pangsa pasar kami melejit ke angka 54,9 persen dengan penjualan domestik 361.665," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa 12 Juli 2011. "Kami bersyukur, setidaknya inilah hasil dari upaya kami untuk selalu memahami dan menemani konsumen meraih mimpi."

Auddie menambahkan, pencapaian tersebut juga tidak dapat dipisahkan dari kesiapan sekitar 1.700 jaringan penjualan Honda. Selain itu juga tak lepas dari kerja keras tim penjual dealer Honda di seluruh Tanah Air.

Selama enam bulan pertama tahun ini, AHM berusaha memenuhi kebutuhan konsumen dengan merilis beberapa produk baru. Ada Honda CBR250R yang merupakan flagship motor sport premium dan Honda CBR150R yang baru dirilis akhir bulan Juni lalu.

Di segmen skutik, AHM menambah pilihan warna skutik retro modern Honda Scoopy dan menjadi pioneer dengan memperkenalkan skutik dengan bagasi ekstra luas,  yaitu Honda Spacy Helm In.  Di segmen bebek, AHM memperbarui tampilan Honda Supra X125 dan Honda Absolute Revo, serta menambah varian baru dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu Honda Revo Fit.

Di segmen bebek, dominasi Honda semakin tak tergoyahkan setelah pada semester I tahun ini berhasil membukukan penjualan 895.819 unit. Di segmen ini, kepemimpinan Honda juga semakin kokoh setelah mengantongi 56,1 persen pangsa pasar melalui beberapa model, yaitu Absolute Revo, Revo AT, Supra X125, dan Blade.

Melengkapi pencapaian di segmen bebek, pada kategori skutik AHM juga berhasil membukukan lonjakan pertumbuhan yang luar biasa yaitu 62,90 persen setelah pada paruh pertama tahun ini mencatat penjualan sebesar 1.075.336 unit, sementara pada Januari-Juni tahun lalu hanya 660.101 unit. Pencapaian ini mempertegas dominasi Honda sebagai Raja Baru Skutik dengan menguasai pangsa pasar 53,2 persen.

Di segmen sport, Honda juga membukukan pertumbuhan penjualan yang signifikan yaitu 50,1 persen. Pada semester I tahun ini, tercatat penjualan tipe motor sport Honda sebanyak 128.194 unit sedangkan tahun lalu hanya 85.401 unit. Di segmen ini, Honda memiliki beberapa model yaitu New MegaPro,  Tiger, CS1, Honda CBR250R dan Honda CBR150R.

“Pada semester I ini kami merilis Honda CBR250R dan Honda CBR150R. Kami yakin keduanya akan menjawab kebutuhan para pecinta motor sport di Tanah Air.”

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024