IIMS 2011

Bus Unik Bandara Dibanderol Rp1,6 Miliar

Bus Airport Apron Monocoque
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 tidak hanya dimanjakan dengan mobil berteknologi canggih dan mewah, namun juga bus berdesain unik dengan pintu untuk masuk penumpang ada di bagian depan (wajah) bus, tepatnya di sebelah pengemudi.

Adalah bus Airport Apron Monocoque yang dikhususkan untuk industri penerbangan. Bus ini sengaja diboyong karoseri bus PT Adiputro Wirasejati, untuk dipamerkan dalam ajang otomotif terbesar di Indonesia itu.

Di IIMS 2011 itu, Adiputro memamerkan empat produknya, di antaranya bus Airport Apron Monocoque, bus Diamond Class, Mini bus Dyna, dan Mini bus Isuzu yang didesain secara khusus oleh PT Adiputro Wirasejati.

Manajer Pemasaran PT Adiputro Wirasejati, Sandy Widjaja, mengatakan semua unit yang dipamerkan di booth-nya, merupakan hasil desain dari Adiputro. Untuk bus Airport Apron Monocoque dibanderol Rp1,6 miliar, bus Diamond Class Rp1,5 miliar, dan kedua mini bus berkisar antara Rp85 juta hingga Rp150 juta.

Selama gelaran IIMS 2011 ini, keempat unit yang dipamerkan sudah laku terjual. Untuk bus monocoque, dibeli oleh salah satu perusahaan penerbangan. Sebab, memang bus ini tidak bisa dibeli oleh sembarang orang.

Mobil ini memiliki tiga pintu. Dua pintu di sebelah kanan dan kiri, lalu satu pintu terakhir di bagian depan. Pintu di bagian depan berfungsi untuk memudahkan penumpang berlalu-lalang. Kemudian, di dalam bus hanya terdapat dua baris bangku panjang. Seperti halnya bus bandara lainnya, penumpang diprioritaskan berdiri.

Sementara itu, untuk bus Diamond Class dan mini bus, selama IIMS 2011 sudah banyak yang memesan, terutama dari kalangan orang yang memiliki bisnis travel. "Hingga saat ini kurang lebih 20 unit sudah laku terjual," ungkap dia.

Banyaknya permintaan membuat semua konsumen yang membeli harus menunggu selama 2 bulan. Sebab, bus maupun mini bus itu harus menunggu hasil renovasi oleh karoseri Adiputro yang sesuai permintaan konsumen.

Kendaraan lain yang tidak kalah unik dan berteknologi canggih di IIMS 2011, yakni mobil pemadam kebakaran. Satu unit mobil pemadam kebakaran berwarna merah itu dihadirkan oleh Ayaxx, sebagai Fire Truck manufacturer.

Truk lansiran Mitsubishi ini berkapasitas atau mampu membawa 4.000 liter air untuk mengatasi kebakaran. Selain truk pemadam kebakaran kapasitas 4.000 liter, Ayaxx juga memiliki varian lain untuk kapasitas 6.000 hingga 10.000 liter. Satu unit truk damkar berkapasitas 4.000 liter dilepas dengan harga Rp1,2 miliar dan kapasitas 6.000 liter dijual Rp1,5 miliar. (art)

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif
Ilustrasi Gedung KPK.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

KPK mengingatkan tingaal tiga hari lagi tenggat waktu bagi pejabat negara, termasuk menteri untuk melaporkan LHKPN.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024