Mudik, Sewa Mobil Saja Yuk...

Rental mobil
Sumber :
  • bisnisukm.com

VIVAnews - Menjelang libur Lebaran 2011, sejumlah rental mobil di Jakarta diserbu anggota masyarakat yang memesan kendaraan untuk keperluan perjalanan mudik, salah satunya Hayan Rent A Car yang berlokasi di Jalan Radin Inten II, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Bahkan, mobil jenis MPV atau keluarga seperti Toyota Avanza, Kijang Inova, Daihatsu Xenia, dan Suzuki APV sudah mulai habis terpesan. "Tiga hari pertama puasa, stok mobil sewaan jenis MPV sudah disewa pelanggan," kata Dewi pengelola Hayan Rent A Car saat berbincang dengan VIVAnews.com, Jumat 5 Agustus 2011.

Hingga hari ini, jumlah mobil yang telah dipesan pelanggan sudah mencapai 40 unit. Adapun mobil yang paling diminati penyewa, kata Dewi, jenis Avanza, Xenia, AVP, dan Inova. "Biasanya dua minggu sebelum lebaran merupakan puncak pemesan. Kadang kami sudah kehabisan stok karena peminatnya sangat banyak," paparnya.

Sedangkan untuk tarif sewanya bervariasi, mulai dari Rp4,5 juta - Rp8,5 juta per 10 hari. Menurut Dewi, peraturan di perusahaannya harus menyewa mobil, minimal 10 hari atau sebulan.

Ia menuturkan untuk tarif sewa Toyota Avanza tipe G 2009, selama 10 hari dipatok Rp4,5 juta. Sedangkan Toyota Innova tipe G 2006 Rp 5,5 juta, dan Suzuki APV tipe GX 2010 disewa Rp5,5 juta. "Namun untuk harga tarif sewa selama dua minggu atau 1 bulan, biayanya tinggal menambah uang Rp3-4 juta, tapi itu tergantung dari jenis mobilnya," ungkap Dewi.

Ia menyampaikan untuk memesan mobil, konsumen hasrus memberi uang muka (DP) Rp1 juta.  Bila penyewa membatalkan penyewaan, sedangkan DP telah diberikan, maka penyewa dikenakan biaya administrasi 50 persen dari total DP. "Kami juga melakukan survei terlebih dulu kepada pemesan, dengan mengecek alamat rumah apakah sesuai yang tercantum di KTP," katanya.

Menanggapi larisnya usaha sewa mobil, ia menduga hal ini terjadi karena daripada membeli tiket kereta yang harganya mahal, lebih baik uangnya untuk sewa mobil. "Bisa menampung banyak keluarga untuk pulang kampung," kata dia.

Tindak Lanjuti Aduan Masyarakat, Bea Cukai Kediri Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal
Bea Cukai tindak ribuan batang rokok ilegal yang dikirim melalui jasa ekspedisi

Bea Cukai Cegah Ribuan Batang Rokok Ilegal Beredar di Pangkalan Bun

Bea Cukai menindak ribuan batang rokok ilegal yang dikirim melalui jasa ekspedisi di Pangkalan Bun pada Selasa (12/03).

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024