Datsun, Mobil Listrik Tercepat di Dunia

Mobil Listrik (Datsun 1200)
Sumber :
  • Mail Online

VIVAnews - Untuk kali pertama dalam sejarah, Datsun 1200 yang berusia 39 tahun berhasil mencatat rekor sebagai mobil bertenaga listrik tercepat di dunia. Seorang mekanik telah memodifikasi kendaraan tua itu dengan mesin listrik yang kuat yang dapat melaju 0-60 mph dalam 1,8 detik, lebih cepat dari mobil sport kebanyakan.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Seperti dilaporkan Mail Online, Rabu, 24 Agustus 2011, mobil ini dapat menempuh jarak 90 mil tanpa mengisi ulang baterainya. Dengan 500 hp berarti mobil ini dapat menempuh seperempat mil hanya dalam sepuluh detik.

Dalam uji coba di lintasan balap, Datsun yang diberi nama White Zombie ini, dengan mudah meninggalkan mobil Maserati di belakangnya.

White Zombie dibangun oleh montir Amerika John Wayland, dimodifikasi dari Datsun keluaran tahun 1972 dengan menempatkan motor listrik di dalamnya, yang dijalankan oleh serangkaian baterai lithium-polimer 192 sel yang memberikan total tegangan 355 Volt atau energi sebesar 22,7 kWh.

Sebelumnya, produsen mobil Prancis, Peugeot, juga berhasil memecahkan rekor dunia di trek balap terkenal Nurbugring, Jerman. Rekor tersebut tidak didapat dengan menggunakan mobil bermesin konvensional, melainkan dengan mobil konsep listrik EX1.

Pemecahan rekor ini dilakukan Peugeot EX1 concept bersama pengendara bernama Stephane Caillet. Untuk memecahkan rekor ini Caillet membawa Peugeot EX1 concept dengen kecepatan rata-rata 138,324 km/jam. Peugeot EX1 pun berhasil menyabet predikat sebagai mobil listrik tercepat di trek Nurburgring-Nordschleife. (umi)

Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024