Lima Cara Jitu Pulihkan Mobil Usai Mudik

Servis mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menempuh perjalanan cukup jauh saat mudik, terkadang membuat performa mobil Anda mengalami sedikit penurunan. Lalu, kiat apa saja yang harus dilakukan untuk memulihkan kendaraan Anda?

Pertama, periksa kondisi keselarasan kaki-kaki mobil. Cara yang paling mudah dan efisien adalah dengan melakukan spooring, balancing, dan wheel alignment jika diperlukan.

Kedua, periksa ulang kondisi mesin. Lakukan kiat yang sama seperti ketika Anda bersiap untuk liburan. Tetapi, kali ini beri perhatian ekstra pada kondisi air radiator. Biasanya pada mobil yang telah berjalan jauh, terjadi perubahan warna pada air radiator. Bila terdapat air radiator yang keruh, kuras dan ganti seluruhnya.

Ketiga, periksa ulang kondisi ban. Lebih baik lagi dirotasi. Perhatikan pula keausan telapak ban, jika mendapati telapak ban yang tidak rata, maka ada dua indikasi yang terjadi. Yang pertama akibat tekanan udara ban yang berkurang dan kedua karena menurunnya kinerja suspensi.

Keempat, periksa kondisi saringan udara. Bersihkan dengan prosedur yang sesuai dengan karakteristik saringan udara mobil (beberapa mobil mengadopsi filter yang dapat dicuci dengan air sabun, alkohol, ataupun oli khusus).

Kelima, cuci mobil, lalu lihatlah kolong mobil untuk memastikan semuanya bersih dari kotoran yang menimbulkan korosi. (sj)

Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia
Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan bahawa pemain keturunan tidak dibayar supaya mau dinaturalisasi dan membela TImnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024