Komponen Toyota Bakal Dibuat di Cina

Toyota Avanza
Sumber :
  • Toyota

VIVAnews - Produsen mobil terbesar di dunia, Toyota, berencana membuat suku cadang penting mobil hibrida di luar Jepang untuk pertama kalinya, guna mendongkrak penjualan.

Seperti dilansir BBC, Selasa 9 September 2011, Cina adalah salah satu penghasil polusi terbesar dunia tetapi penjualan mobil hibrida diperkirakan akan meningkat terus dalam beberapa tahun ke depan.

"Semua orang menyadari Cina adalah pasar sangat penting bagi semua pembuat kendaraan," kata juru bicara Toyota Paul Nolsco.

Pihak Toyota sendiri, akan mulai membuat komponen di fasilitas penelitian dan pengembangan di Cina untuk memenuhi peningkatan permintaan di daratan.

Para pengamat memandang pembatasan yang diterapkan Cina terhadap ekspor mineral langka menjadi salah satu alasan langkah Toyota ini. Sejumlah elemen mineral langka adalah komponen penting mobil hibrida seperti baterai.

Meskipun demikian Cina yang memproduksi lebih 95% pasokan mineral langka dunia menerapkan kuota produksi dan ekspor yang ketat dengan alasan lingkungan. "Mineral langka dan kekhawatiran akan pasokannya mungkin saja berperan," kata Vivek Vaidya dari Frost & Sullivan.

Dia memandang tindakan Toyota memulai produksi komponen di Cina dapat membantu mengatasi pembatasan ini karena mereka dapat membeli mineral untuk digunakan di dalam Cina. (umi)

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024