OTOMOTIF

Brio, Mobil Murah Honda Seharga Rp115 Juta

Brio siap dipasarkan di Tanah Air mulai tahun depan.
Kamis, 8 September 2011
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Honda Brio

VIVAnews - Agen Pemegang Merek mobil Honda di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM), masih saja bungkam kapan Honda Brio akan mulai dipasarkan di Indonesia. Namun, kepastian itu justru disampaikan langsung oleh Honda Motor Company, Jepang. Brio siap dipasarkan di Tanah Air mulai tahun depan.

Seperti dilansir Nikkei, Kamis 8 September 2011, Honda Motor Company akan mendatangkan mobil termurah Honda tersebut dalam bentuk completely built up (CBU), dengan harga jual yang tidak akan berbeda jauh dengan harga di Thailand.

Di Thailand, penjualan Brio ditargetkan 40 ribu unit pada tahun ini. Namun, target ini tidak tercapai akibat pasokan beberapa komponen dari Jepang terhambat karena tsunami pada Maret lalu. Sampai Juni lalu penjualan Brio di Thailand baru berkisar 1.000-an unit.

Di Indonesia, Brio diperkirakan bakal dibanderol tidak jauh dari harga di Thailand yaitu 399.900 bath atau sekitar Rp115 juta per unit. Kehadiran Brio akan melengkapi dominasi Jazz yang kini masih memimpin pasar medium hatchback di Indonesia.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari Honda Prospect Motor mengenai spesifikasi mesin dan fitur Brio yang akan dijual di Indonesia. Brio masih akan diuji coba di kota-kota besar di Indonesia.

Honda Prospect Motor masih mempelajari rencana pemasaran Brio di Indonesia-- mulai dari harga jual, potensi pasar dan skema pasokan unit dari Thailand. 

Honda juga berencana memasarkan Brio ke India akhir Oktober 2011. Diharapkan dengan harga terjangkau, Brio dapat merebut pasar otomotif di negara-negara berkembang. (kd)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found