OTOMOTIF

Daihatsu-Toyota Siapkan Mobil Murah Rp85 Juta

Mobil jenis city car ini rencananya akan diproduksi pada tahun 2012.
Senin, 12 September 2011
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Etios Liva

VIVAnews - Produsen mobil di Indonesia, PT Daihatsu Astra Motor, sedang membangun pabrik keduanya di Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini rencananya akan mulai memproduksi mobil kecil murah hasil kolaborasi antara Daihatsu-Toyota di tahun 2012.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia akan mengumumkan insentif baru dan pajak yang lebih rendah untuk mendorong produksi serta pembelian mobil kecil di tanah air.

Dilaporkan Just–Auto.com, Senin 12 September 2011, mobil yang diproduksi tersebut dibuat dari platform Etios di India. Harganya diperkirakan US$10.000–11.000 atau sekitar Rp85,3–94,4 juta.

Laman itu juga menyebutkan 70 persen dari produksi pabrik ini akan diserap oleh Toyota. Daihatsu berencana untuk berinvestasi US$244 juta atau sekitar Rp2,1 triliun untuk membangun pabrik yang direncanakan memproduksi 100 ribu unit mobil pertahun.

Nilai investasi itu tidak termasuk biaya akuisisi tanah. Sedangkan target produksi untuk tahun pertama (2013) adalah 50 ribu unit.

Jika memang strategi ini yang dijalankan Toyota bersama Daihatsu, diperkirakan terjadi perubahan peta industri dan bisnis permobilan di Indonesia, terutama di segmen mobil kecil atau city car.

Selama ini kombinasi Toyota-Daihatsu telah mendominasi industri dan bisnis permobilan Indonesia melalui Avanza-Xenia dan Rush-Terios. (kd)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found