Mobil Listrik Murah Muncul Pekan Ini

Smart Fortwo generasi ketiga
Sumber :
  • Carscoop

VIVAnews - Keberadaan mobil listrik sepertinya sangat sempurna sebagai sarana transportasi perkotaan tanpa emisi. Namun, hingga kini yang menjadi masalahnya kendaraan ini dibanderol dengan harga relatif mahal.

Menjawab permasalan itu, produsen mobil mungil besutan Mercedes-Benz, Smart, mencoba mewarkan sebuah kendaraan terbarunya, Fortwo Electric generasi ketiga di Frankfurt Auto Show 2011, di Frankfurt, Jerman, pekan ini. Kendaraan ini diklaim sebagai mobil listrik mungil dengan harga yang sangat terjangkau.

Seperti dilansir Carscoop, Jumat 16 September 2011, Smart Fortwo versi listrik sebelumnya yang diluncurkan pada 2009 tersedia di 18 negara, termasuk Indonesia, dan telah terjual lebih dari 2.000 unit.

Sumber dayanya berasal dari baterai li-ion yang dipasok oleh Tesla dengan daya konstan 20 kW (27 hp) dan daya maksimum 30 kW (40 hp).  Untuk mencapai kecepatan 60 km/jam dari kondisi statis, kendaraan ini membutuhkan waktu 6,7 detik dengan kecapatan maksimal 100 km/jam. 

Smart Fortwo Electric kini jauh lebih sempurna. Meskipun masih menggunakan baterai li-ion, namun kali ini dipasok oleh Deutsche Accumotive berkapasitas 17,6 kWh. Motor listriknya juga. lebih bertenaga yaitu 35 kW (47 hp) secara konstan dengan daya maksimum 55 kw (74 hp).

Performanya pun lebih baik dengan catatan waktu 5 detik untuk berakselerasi 0-60 km/jam dengan kecepatan maksimal yang kini mampu mencapai 120 km/jam. Kendaraan ini juga memiliki daya jelajah hingga sejauh 140 km berkat kekuatan puntir 130 Nm-nya yang lebih responsif pada kecepatan yang lebih tinggi.

Untuk menyetrum ulang baterainya yang telah kosong dengan sumber kelistrikan biasa, membutuhkan waktu 8 jam hingga baterai terisi penuh. Namun jika ditambahkan dengan fungsi rapid charger berupa On-board charger 22 kW waktunya bisa dipangkas hingga cukup dengan satu jam.

Kendaraan listrik ini akan dijual dengan harga kurang dari 16.000 Euro atau sekitar Rp192 juta di Jerman. Tetapi pembeli harus mengeluarkan 60 Euro atau sekitar Rp720 ribu, tiap bulan untuk biaya sewa baterai.

UEA Tenggelam, Warga Ceritakan Kengerian Banjir Dubai

Sebagai perbandingan, di Indonesia Smart Fortwo generasi sebelumnya, di pasarkan hampir setengah miliar rupiah.

Buick GL8

Mobil MPV Terlaris Ini Bakal Dapat Mesin Hybrid

Buick GL8, mobil MPV yang laku keras di China dan merupakan hasil kerja sama SAIC bersama General Motors.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024