Gebrakan Mobil Asal China Masuk Pasar RI

Lantaran mahal mobil-mobil Eropa cuma laku sedikit. Mobil-mobil China mulai mengeliat.

Selasa, 20 September 2011, 10:02 Sandy Adam Mahaputra
Bentley on Ice
Bentley on Ice (pressportal.com)

VIVAnews - Tidak semua mobil asal Eropa, Amerika, dan sejumlah negara di Asia laku keras di Indonesia.  Banyak pula yang tidak bisa bersaing lantaran harga terlalu mahal atau inovasi kurang mengigit. 

Dari data yang dirilis Gabungan Industri Kendaran Bermotor Indonesia (Gaikindo) diketahui bahwa sejak Januari-Agustus 2011, produsen mobil asal Inggris, Bentley-- laku 4 unit. Dengan jumlah itu, Bentley menempati posisi paling buntut dalam hal jumlah mobil yang laku. Mobil ini memang berkualitas dan miliaran harganya sehingga tidak terjangkau oleh kebanyakan pembeli. Terjual Februari 1 unit, Maret satu unit, April satu unit, dan Juni satu unit.

Posisi kedua  dari bawah ditempati mobil asal Eropa, Volvo. Mobil ini hanya mampu terlego sebanyak 5 unit. Lesunya penjualan mobil  berkualitas ini sangatlah beralasan. Di samping karena harga tidak terjangkau, sudah cukup lama pula Volvo di Indonesia tidak melansir produk terbaru.  Volvo hanya mampu menjual produknya sebanyak 2 unit di bulan Februari dan Mei, kemudian 1 unit di bulan Januari.

Sedangkan di peringkat ketiga, ditempati oleh produsen mobil Infiniti dan Land Rover. Keduanya memiliki angka penjualan yang sama yakni 37 unit. Dua merek tersebut memang tidak perlu lagi diragukan dalam hal kualitas, namun harga yang mahal dinilai menjadi penyebab utama, kurang diminatinya mobil tersebut di Indonesia.

Adapun untuk posisi ke empat diduduki oleh Jaguar. Mobil berlogo macam kumbang melompat itu, hanya mampu terserap pasar sebanyak 38 unit.  Penjualan terbanyak terjadi pada bulan Juni, sebanyak 8 unit.

Pada posisi kelima dan keenam ditempati merek mobil asal Cina dan Perancis. 
Foton berhasil mengukuhkan penjualan 98 unit, sedangkan Peugeot mampu melego mobilnya sebanyak 113 unit.

Geliat Mobil Tirai Bambu

Pasari mobil Indonesia sangatlah besar. Yang menarik adalah bahwa sejumlah mobil asal negeri China kini mulai menguasai pasar otomotif Indonesia. Yang kini ramai di pasaran dan cukup laku adalah Chery dan Geely.

Begitu masuk pasar Indonesia, dua jenis mobil itu langsung disambut pembeli.Chery telah sukses menjual mobilnya sebanyak 184 unit, sedangkan Geely jauh lebih unggul dengan torehan penjualan sebanyak 659 unit.

Mobil-mobil itu masuk ke pasar segmen city car.Geely memasang harga sedikit di atas Rp100 juta per unit. Angka penjualan mobil-mobil di bawah Rp 150 juta asal negeri tirai bambu itu memam belum besar, tapi gebrakan awal mereka sudah mengigit.

 

 

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id