5 Hal Yang Harus Perempuan Tahu

VIVAnews - Zaman sekarang sudah jadi hal umum buat kaum perempuan mengendarai mobil sendiri.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Tanpa perlu menunggu suami atau pasangan untuk mengantar, perempuan tinggal ambil kunci dan meluncurlah dengan kendaraan roda empat itu.

Tapi sayangnya banyak kaum Hawa yang hanya tahu cara menggunakan mobil tanpa tahu perawatannya. Padahal perawatan kecil membantu Anda, kaum perempuan, berkendara dengan lebih aman dan nyaman. Ada lima hal utama yang wajib Anda ketahui;

--Tahu cara mengganti ban
Ban kempes jadi musuh nomor satu dalam keadaan darurat. Bila pengendara laki-laki biasanya langsung menyingsingkan lengan baju dan mengganti ban sendiri, Anda jangan mau kalah.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Karena yang penting kuncinya bukan tenaga, melainkan peralatan yang tepat.

Pastikan ban serep yang ada di bagasi Anda dalam kondisi baik. Sedangkan peralatan pendukung seperti dongkrak biasanya ada di kompartemen kecil yang juga ada di bagasi.

Longgarkan mur ban sebelum Anda mendongkraknya. Putar mur ke kiri untuk melonggarkan, kanan untuk mengencangkan. Agar Anda fasih melakukannya, tak ada salahnya berlatih mengganti ban di waktu senggang. Untuk jaga-jaga bukan?

--Tahu cara membaca warning light di dashboard
Bila ada simbol yang menyala di dashboard Anda, berarti ada sesuatu yang salah. Karena itu pelajari dulu arti simbol-simbol itu seperti Check Engine light,oil light, ABS brake light, dan Airbag light.

Anda harus ingat kalau lampu-lampu ini adalah bentuk komunikasi mobil pada Anda. Dia coba memberi tahu Anda kalau ada masalah di dalamnya.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Sebagai contoh bila oil light menyala, segera cek bagian tersebut. Karena dengan mengetahui cara membaca simbol-simbol ini akan membantu Anda mengatasi masalah sebelum akhirnya menjadi serius.

--Tahu cara memeriksa oli dan radiator
Mobil Anda bisa berjalan mulus bila memiliki oli dan air radiator yang cukup. Kedua cairan ini berperan penting dalam kehidupan mobil Anda karena menjadi nyawa agar semua benda di bawah kap tidak aus atau karatan.

Air radiator bahkan berperan sebagai pendingin mesin agar tidak kelewat panas. Gunakan dip stick (semacam batangan tipis yang terbuat dari besi) untuk memeriksa oli.

Bila oli yang berbekas di dip stick berada di level bawah, maka sudah saatnya Anda mengganti oli. Atau mau cara mudahnya? Gunakan kemampuan Anda membaca simbol di dash board. Kalau ada simbol kuning berbentuk tetesan oli, itu artinya oli Anda bermasalah.

Sedangkan untuk radioator, wajib Anda periksa sebulan sekali. Tapi dalam cuaca yang cukup panas, ganti jadwal itu jadi sebulan dua kali.

--Tahu cara jumping Aki
Sering lihat aksi kaum Adam yang berbagi power aki? Hal ini terjadi bila salah satu mobil tak mau menyala saat di start. Dan jangan salah, sesekali Anda pasti juga akan terjebak dengan situasi ini.

Maka itu persiapkan diri Anda dengan ilmu dan peralatan yang tepat. Siapkan kabel positif-negatif yang merespon kutub-kutub di aki Anda.
Lepas penutup akinya dan Anda akan lihat jenis kutubnya (-) dan (+).

Saat mobil Anda (dan rekan yang membantu) dalam keadaan mati, jepit kutub-kutub itu dengan kabel tersebut. Biarkan rekan Anda dulu yang menyalakan mobilnya, tunggu beberapa saat dan barulah Anda mulai menstarter.

Kalau mobil Anda sudah menyala, silahkan lepas kabel tersebut dan biarkan mesin menyala selama kurang lebih 30 menit.

--Tahu cara mengganti Wiper
Wiper jadi penyelamat Anda saat berkendara di derasnya musim penghujan seperti ini. Penggunaan terlalu lama sebuah wiper bisa merusak kaca mobil dan yang paling menakutkan, tak berfungsi saat hujan deras.

Baca lagi buku manual mobil Anda. Di sana akan ada ukuran dan jenis wiper yang digunakan. Bukan hanya jenis, buku manual itu biasanya juga menyimpan langkah-langkah pergantian wiper. Langkah itu termasuk mudah dan mudah Anda ikuti.

Siap berkendara?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya