Dimulai; Balap Bemo Rute Jakarta-Bangkok

Reli Bemo Jakarta - Bangkok
Sumber :
  • REUTERS/ Supri

VIVAnews – Sebanyak 28 tim yang terdiri dari 66 orang mengikuti petualangan mengendarai bemo dengan rute Jakarta-Bangkok. Peserta yang berasal dari 12 negara itu dilepas secara resmi oleh Sekjen ASEAN, Surin Pitsuwan dan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo di gedung Sekretariat ASEAN, hari ini.

Para peserta akan menempuh jarak 3.000 kilometer dan diharapkan mencapai garis akhir pada Minggu, 30 Oktober 2011 mendatang.  Sekjen ASEAN mengungkapkan, aktivitas ini akan menjangkau banyak orang di sepanjang rute.

“Kegiatan ’The ASEAN Rickshaw Run’ akan membantu mempromosikan keindahan dan konektivitas ASEAN di mata dunia, dan membina hubungan yang erat antara para peserta dan orang-orang ASEAN yang akan mereka temui sepanjang perjalanan,” kata Surin dalam rilis yang diterima VIVAnews, Minggu, 16 Oktober 2011.

Seluruh tim mengawali petualangan dari Jakarta menggunakan Bemo. Mereka akan menyusuri jalur darat sepanjang Pulau Sumatera. Di Belawan, para peserta akan menyeberang Selat Malaka menuju Penang, Malaysia, dengan kapal. Setelah tiba di Penang, mereka akan melanjutkan perjalanan ke arah utara, Satun, Thailand.
 
‘The ASEAN Rickshaw Run’diselenggarakan The adventurists, sebuah perusahaan pemenang penghargaan petualangan Inggris yang mengkhususkan diri dalam menjalankan petualangan global yang ekstrim untuk mengumpulkan uang untuk amal. Dalam acara kali ini, mereka bekerjasama dengan Sekretariat ASEAN.

“Tidak ada jaminan bahwa tim akan sanggup mencapai garis akhir dan tidak ada cadangan. Hanya mereka, mesin jenius dengan setengah kekuatan kuda dan setiap kendala di benua asing dapat terjadi dalam perjalanan mereka,” ungkao CEO The Adventurists, Tom Morgan.

Setiap tim juga diminta mengumpulkan uang sebanyak £1.000 untuk tujuan amal. Setengah dari jumlah itu akan masuk ke badan amal resmi untuk acara tersebut, yakni BirdLife International, kemitraan konservasi terbesar dan otoritas termuka di dunia dalam melestarikan burung dan habitatnya.

Dana yang berhasil dikumpulkan oleh para peserta ‘ASEAN Rickshaw Run’, nantinya akan digunakan untuk membantu reboisasi dan pelatihan kepada masyarakat setempat untuk menjadi penjaga hutan. Tindakan ini akan mencegah banyak spesies dari ancaman kepunahan. (eh)

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang
Gedung Kemenkopolhukam

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggodok rencana membangun sistem pertahanan semesta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024