2012, Yamaha Luncurkan 3 Motor Injeksi

Yamaha V-Ixion
Sumber :
  • vixion-indonesia.com

VIVAnews - PT Yamaha Kencana Motor Indonesia akan meluncurkan tiga model sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi bahan bakar pada awal tahun 2012. Salah satunya jenis skutik. "Kami sudah siapkan untuk meluncurkan pada awal tahun depan," kata Service Manager YMKI, Syahrial, di Jakarta, Senin 28 November 2011.

Apa yang dilakukan Yamaha memang sedikit terlambat jika dibandingkan oleh Honda, kompetitor utama, yang sudah berkali-kali meluncurkan motor sepanjang tahun ini. Namun, menurut Syahrial, pihaknya sengaja belum banyak mengeluarkan sepeda motor berteknologi injeksi, lantaran ingin fokus dalam hal persiapan SDM teknisi dari seluruh bengkel Yamaha.

"Kami tidak ingin ketika semua motor Yamaha sudah menggunakan teknologi injeksi bahan bakar, para teknisi tidak punya kemampuan serta pengetahuan tentang teknologi ini. Jangan sampai merugikan konsumen," katanya.

Ia menjelaskan teknologi injeksi memang memiliki kesulitan lebih jika dibandingkan dengan sistem karburator. "Mekanik harus memiliki pengetahuan, karena ini menggunakan sistem komputer. Jadi kita ingin semua mekanik sudah trampil dan mengetahui penggunaan Fuel Injection Diagnostic Tool," kata dia.

Mengenai harga sepeda motor Yamaha injeksi ini, menurut Syahrul akan lebih mahal Rp500 - 1 juta dari versi karburator. "Kami tidak ingin membebani konsumen, karena 2014 semuanya akan bermigrasi ke teknologi injeksi seiring tuntutan penerapan emisi gas buang euro 3 di Indonesia," katanya.

Saat ini Yamaha baru memiliki satu motor yang sudah berteknologi injeksi, yakni V-Ixion. Motor tersebut menjadi andalan Yamaha untuk menguasai pasar motor sport di tanah air.  Hal itu dibuktikan dengan torehan penjualan sejak Januari hingga Oktober 2011 sebanyak 273.301 unit.

Teknologi tersebut mulai diterapkan oleh Honda, yaitu Honda Spacy Helm-in dan Honda Supra X-125.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Polisi Usut Dugaan Pelecehan Seksual yang Dilakukan Eks Ketua DPD PSI Jakbar

Polda Metro Jaya tengah menyelidiki kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan mantan Ketua DPD PSI Jakarta Barat Anthony Norman Lianto.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024