Mobil Murah China Terus Populer di Indonesia

Mobil Murah di Bawah Rp150 Juta
Sumber :

VIVAnews - Produsen mobil asal China khususnya, Geely, terus berupaya untuk bisa bersaing di pasar mobil Indonesia. Mereka yang awalnya hanya dipandang sebelah mata, kini justru memberikan ancaman serius bagi produsen lainnya.

Memiliki harga yang terjangkau, kemudian fitur mewah serta canggih. Menjadi nilai lebih mobil China untuk bisa merebut perhatian konsumen di tanah air.

Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, produsen mobil asal China, Geely, sejak Januari-November berhasil menjual 939 unit mobilnya di Indonesia. Torehan penjualan tertinggi terjadi pada bulan July (117 unit) dan September (112 unit).

Mobil jenis city car masih menjadi penyumbang terbesar penjualan Geely. Mulai Januari-November 2011, Panda GS 1.3 MT berhasil terserap pasar sebanyak 259 unit. Sedangkan diposisi kedua ditempati oleh mobil jenis sedan (MK GS 1.5 MT), sebanyak 246 unit. Adapun di tempat ketiga diisi oleh Panda GL 1.3 MT, yakni 176 unit.

Penjualan Geely di tahun ini, bisa dibilang paling sukses dan unggul jika dibandingkan dengan produsen China lainnya di Indonesia, seperti Chery dan Foton. Keduanya hanya mampu menjual produknya sebanyak 185 unit (Chery) dan 140 unit (Foton).

Ambisi Geely untuk bisa merebut pasar otomotif Indonesia sudah terlihat dalam ajang Indonesia Intenasional Motor Show 2011. Mereka sengaja memberikan harga diskon untuk semua produknya.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Bahkan, desain mobil-mobilnya sempat mengundang ketertarikan sejumlah menteri yang tengah meresmikan ajang pameran mobil terbesar di tanah air. Lihat tautan beritanya disini.

Namun kedepannya, produsen asal China di Indonesia masih harus dihadapi sejumlah pekerjaan rumah yang cukup besar. Mulai dari ketersediaan suku cadang serta bengkel-bengkel di seluruh daerah Indonesia.

Belum lagi melepaskan predikat sebagai mobil jiplakan. Eksistensi mobil China memang kerap dicemoh, karena dinilai hanya bisa menjiplak model mobil Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

China memang dianggap merupakan tempat yang aman sekaligus 'surga' bagi perusahaan-perusahaan otomotif yang ingin menjiplak mobil-mobil dunia.

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024