Jokowi: Malam Tahun Baru Tanpa Greng..greng

Walikota Solo, Joko Widodo dan wakilnya
Sumber :
  • Fajar Sodiq| Solo

VIVAnews -- Ada yang berbeda pada perayaan pergantian tahun 2012 nanti di Solo, Jawa Tengah. Walikota Solo, Joko Widodo akan menerapkan car free night, tak boleh ada mobil yang melintas di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Solo, Sabtu 31 Desember 2011, mendatang.

Sebagai gantinya, akan digelar kirab, karnaval serta pementasan kesenian tradisional di sejumlah titik di jalan protokol tersebut.

Walikota Solo yang akrab dipanggil Jokowi mengatakan, ada alasan mengapa acara itu dilakukan. “Jika kita melihat bertahun-tahun setiap perayaan malam tahun baru hanya naik kendaraan greng..greng..greng.. keluar asap dan tidak ada tontonan. Ini jelas tidak ada nilainya,” kata dia kepada VIVAnews.com, Rabu 21 Desember 2011.

Oleh sebab itu, Jokowi pun ingin mengubah suasana tersebut lebih bermakna, di mana warga masyarakat bisa berjalan-jalan maupun bersepeda dengan bebas dalam semalam. “Jadi kita bisa merasakan kenyamanan kota di malam hari,” ujarnya.

Bahkan, untuk memanjakan para pejalan kaki tersebut, Jokowi mengatakan akan menggelar karnaval malam tahun baru. Tak hanya itu, di sejumlah titik Jalan Slamet Riyadi juga akan dipentaskan kesenian tradisional, seperti musik keroncong, wayang, reog dan lain sebagainya. “Nanti kesenian-kesenian tradisional yang ada di kampung-kampung akan ikut dipentaskan di Solo Car Free Night,” terang dia.

Lebih lanjut Walikota Solo menyebutkan bahwa car free night yang akan digelar mulai pukul 20.30 WIB hingga malam pergantian tahun nanti, merupakan yang pertama kali digelar di Indonesia. “Ini klaim pertama kali yang ada di Indonesia, semoga tidak ada yang ndisiki (mendahului),” kata dia dengan nada bercanda.

Seperti diketahui sebelum menggelar Solo Car Free Night, Kota Solo telah menggelar Solo Car Free Day setiap hari Minggu. (eh)

Laporan: Fajar Sodiq| Solo

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

KPU menolak menanggapi tudingan dari kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud soal nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024