OTOMOTIF

Wajah Mobil Murah Bajaj

Bajaj RE60 memiliki kecepatan maksimalnya 70 km/jam.
Selasa, 3 Januari 2012
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Mobil Bajaj

VIVAnews - Produsen otomotif spesialis tiga roda asal India, Bajaj Auto, memperkenalkan mobil jenis city car, yang diberi nama Bajaj RE60. Mobil ini rencananya mulai diproduksi massal dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Dilansir Motorbeam, Selasa 3 Januari 2012, Bajaj RE60 akan menjadi mobil pertama dari Bajaj Auto India (BAI). Mobil ini sekaligus sebagai pengganti kendaraan roda tiga yang selama ini diproduksinya.

Mobil mungil ini memiliki kemiripan desain dengan Suzuki Wagon R dan Fiat Uno. Bajaj RE60 merupakan pengembangan mobil kecil Bajaj yang berada di bawah pengawasan proyek Ultra Low Cost (UCL).

"Kami ingin memberikan solusi sebuah mobil perkotaan yang irit, ramah lingkungan, dan memiliki harga terjangkau," kata bos Bajaj Auto MD, Rajiv Bajaj.

Dari segi dimensi, Bajaj RE60 memiliki panjang 2.752 mm, lebar 1.312 mm, dan tinggi 1.650 mm. Mobil empat penumpang ini mengandalkan mesin 4-valve, yang dikawinkan dengan teknologi twin spark. Mesin ini diklaim mampu melontarkan tenaga 15-20 hp. Sementara itu, kecepatan maksimalnya 70 km/jam.

Bajaj RE60 memiliki bobot sekitar 400 kilogram. BAI mengklaim konsumsi bahan bakar bisa mencapai 35 km/liter. Adapun emisi CO2 hanya 60 g/km. Tentunya, selain irit bahan bakar, mobil ini ramah lingkungan.

Setelah dipasarkan di India, BAI juga akan mengekspor RE60 ke pasar otomotif Sri Langka.  Rencananya, Nissan-Renault juga akan menangani pemasaran mobil Bajaj tersebut.

Sayangnya, BAI belum mau membeberkan perihal harga mobil ini. Bajaj RE60 memang digadang-gadang akan menjadi pesaing kuat mobil termurah sejagat, Tata Nano. (art)

TERKAIT
    Error

    An Error Was Encountered

    The configuration file ../../shared/config/ads/Array.php does not exist.