FOTO: Mobil Murah Bajaj

Konsumsi bahan bakar mobil ini bisa mencapai 35 km/liter.

Rabu, 4 Januari 2012, 10:59 Sandy Adam Mahaputra
Mobil Bajaj RE60
Mobil Bajaj RE60 (REUTERS/ B Mathur)

VIVAnews - Produsen otomotif spesialis tiga roda asal India, Bajaj Auto, akhirnya memproduksi mobil perdananya, yang diberi nama Bajaj RE60.

Mobil ini nantinya akan menggantikan kendaraan roda tiga yang selama ini diproduksinya. Lalu apa saja spesifikasi dari mobil mungil ini?

Dari segi desain, Bajaj RE60 memiliki kemiripan dengan Suzuki Wagon R dan Fiat Uno. Bajaj RE60 merupakan pengembangan mobil kecil Bajaj yang berada di bawah pengawasan proyek Ultra Low Cost (UCL).

Beralih ke dimensinya, Bajaj RE60 memiliki panjang 2.752 mm, lebar 1.312 mm, dan tinggi 1.650 mm. Mobil empat penumpang ini mengandalkan mesin 4-valve, yang dikawinkan dengan teknologi twin spark. Mesin ini diklaim mampu melontarkan tenaga 15-20 hp. Sementara itu, kecepatan maksimalnya 70 km/jam.

Bajaj RE60 memiliki bobot sekitar 400 kilogram. BAI mengklaim konsumsi bahan bakar bisa mencapai 35 km/liter. Adapun emisi CO2 hanya 60 g/km. Tentunya, selain irit bahan bakar, mobil ini ramah lingkungan.

Setelah dipasarkan di India, BAI juga akan mengekspor RE60 ke pasar otomotif Sri Lanka.  Rencananya, Nissan-Renault juga akan menangani pemasaran mobil Bajaj tersebut.

Sayangnya, BAI belum mau membeberkan perihal harga mobil ini. Bajaj RE60 memang digadang-gadang akan menjadi pesaing kuat mobil termurah sejagat, Tata Nano. Lihat fotonya di sini. (Sumber: Motorbeam) (hp).



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id