Rumah Dinas Jokowi Jadi Galeri Pamer Esemka

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews - Masyarakat umum mengerumuni mobil Kiat Esemka yang dipajang di depan rumah dinas walikota Solo di Loji Gandrung. Mereka pun terpikat dan ingin membeli mobil buatan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo itu.

Sebelum dipajang, banyak masyarakat umum yang telah melakukan test drive di halaman depan rumah dinas. Karena hanya ada satu mobil, Walikota Solo, Joko Widodo memutuskan untuk memajangnya.

"Dari tadi pagi jumlahnya puluhan orang yang melakukan test drive. Karena jumlahnya banyak makanya saya menyuruh untuk memajang di depan supaya bisa dilihat-lihat," kata pria yang akrab dipanggil Jokowi itu kepada VIVAnews.com, Jumat, 6 Januari 2012.

Berdasarkan pengamatan VIVAnews.com, banyak pengguna jalan yang kebetulan melintas di depan rumah dinas, langsung menghentikan kendaraannya untuk melihat dari dekat kondisiĀ  mobil Kiat Esemka.

"Ini saya masih melihat-lihat karena penasaran dengan mobil karya siswa ini," kata salah seorang warga masyarakat, Dwi Nursulistyanto.

Menurut dia, harga mobil tersebut cukup murah dibandingkan mobil buatan Jepang. "Rencana saya mau membeli satu," paparnya.

Hal senada juga diungkapkan Yanto Sugiyanto. Dia datang karena mengaku penasaran dengan mobil Esemka yang saat ini jadi buah bibir. "Inginnya sih beli tetapi uangnya belum cukup. Mungkin nanti akan minta anak-anak untuk patungan membeli," kata dia.

Tak hanya membuat rumah dinasnya sebagai galeri pajang, Jokowi sebelumnya juga mengaku sebagai brand ambassador sekaligus tenaga penjualan (sales) mobil Kiat Esemka.

Ia pun mengaku sudah menerima banyak pesanan. Di antaranya dari penyanyi Afgan.

Pun dengan pemilik bengkel Kiat, Sukiat yang mengaku banjir permintaan. Ada dari Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, hingga Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono.

"Lalu, ada lagi Roy Suryo, Guruh Soekarnoputra, Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, Aria Bima, dan kepala Dinas Tata Kota Jakarta (Wiryatmoko)," kata Sukiat, kepada VIVAnews.com, Kamis 5 Januari 2012. Juga dari kalangan seniman, seperti Garin Nugroho.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo, umi

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024
Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024