OTOMOTIF

Pengharum Ruangan di Mobil Picu Kecelakaan

Selain pengharum ruangan, boneka dan pajangan keramik juga bisa memicu kecelakaan.
Selasa, 10 Januari 2012
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Wanita mengendarai mobil

VIVAnews - Menggantung penyegar ruangan atau memajang tulisan 'Baby On Board' di dalam mobil, mungkin menjadi hal yang wajib dilakukan oleh sebagian pemilik mobil. Tapi siapa sangka, benda itu ternyata bisa menyebabkan kecelakaan.

Berdasarkan sebuah survei pada 2.000 kendaraan di jalan raya Inggris yang dipublikasikan harian Daily Mail, Selasa 10 Januari 2012, menyebutkan, satu dari 20 titik blind spot potensial pada mobil disebabkan oleh ornamen hias yang ada di dalam kendaraan.

Barang-barang atau ornamen yang bisa memicu kecelakaan biasanya pajangan kecil dari bahan keramik yang sering diletakkan di dashboard, gantungan atau pajangan tanaman dan boneka.

Tidak hanya itu, beberapa barang yang dipajang dengan cara di gantung juga berbahaya. Misalnya pengharum ruangan yang diletakkan di kaca spion dalam, mainan, boneka, tisu, termasuk tulisan 'Baby on Board'. Barang-barang ini dipercaya bisa menghalangi pandangan pengendara dan menciptakan blind spot.

Laporan itu juga menganjurkan pengemudi untuk tidak menaruh keping CD yang berwarna perak pada bagian dashboard atau dekat kaca depan maupun belakang. Sebab, pantulan matahari ketika mengenai CD tersebut dapat dengan mudah menyilaukan mata pengendara.

TERKAIT