Jokowi: Esemka Tak Jiplak Mobil Cina - India

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews - Kiat Esemka kian terkenal belakangan ini. Mobil perkasa rakitan anak-anak SMK di Solo itu ramai diberitakan media massa. Sejumlah politisi, pengusaha dan pesohor sudah memesan mobil itu. Joko Widodo, Walikota Solo, bahkan sudah menjadi Esemka sebagai mobil dinas. Ia juga rajin memasarkan mobil itu.

Tenang Hadapi DBD! Menkes Pastikan RS Siap Tangani Pasien, Ini Imbauannya untuk Masyarakat

Belakangan beredar pula kabar bahwa desain mobil itu sangat mirip dengan mobil buatan Cina dan India. Bentuk mobil itu dinilai sangat mirip dengan mobil Foday Explores III.

Tapi Jokowi membantah keras bahwa mobil buatan Solo itu adalah hasil jiplakan desain  mobil buatan China dan India.

"Yang pasti desainnya berbeda dan lain. Karena mobil ini memang kombinasi dari berbagai desain," kata Jokowi di Solo, 10 Januari 2012.
Menurut dia, kombinasi desain tersebut tidak hanya diambil dari  salah satu desain mobil namun dari berbagai desain..

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan bahwa mobil yang laris pasti akan sedikit ditiru oleh produsen lainnya. Namun, kemiripan itu tidak persis sama. "Entah dari mukanya berbeda, dari belakang beda, maupun dari samping beda. Karena semuanya telah dimodifikasi," jelas Jokowi.

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil Esemka dianggap meniru Explores III produksi Cina, Foday. Kedua mobil tersebut terlihat mengadopsi dua merek mobil Honda CRV dan Ford Everest.

Selain mirip dengan mobil buatan salah satu produsen di Cina, mobil Esemka juga tak kalah mirip dengan mobil buatan India, Force One. Bentuk grill dan headlamp terlihat serupa. Kemiripan juga terlihat di bagian interior.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah
Apel persiapan keberangkatan bantuan kemanusiaan Indonesia ke Gaza

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

 Bantuan kemanusiaan Indonesia via udara atau airdrop untuk warga Gaza, Palestina, diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 J milik TNI Angkatan Udara

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024