Penjualan Mobil Bisa Tembus 1 Juta Unit

Sejumlah buruh merakit mobil di pabrik PT Honda Prospect Motor, Karawang.
Sumber :
  • ANTARA/Ujang Zaelani

VIVAnews - Lembaga riset dan analisis internasional Frost & Sullivan memprediksi total volume penjualan di industri otomotif Indonesia naik moderat sebesar 6,5 persen year on year hingga 948.500 unit pada 2012.

Indonesia Wins Two Champion Titles at 2024 All England

Hal itu terjadi karena ekonomi domestik yang stabil, sentimen positif konsumen, dan diluncurkannya model-model terbaru.

Bahkan, Vice President and Automotive Practice Frost & Sullivan Asia Pasifik, Vivek Vaidya, mengatakan bahwa total volume penjualan otomotif di Indonesia dapat menembus satu juta unit pada 2012, jika didukung kondisi ekonomi global yang kondusif dan kebijakan otomotif domestik yang kuat.

"Namun, saat ini kemungkinan terjadinya hal itu masih rendah," kata Vivek Vaidya, dalam acara Outlook Industri Otomotif 2012 yang diselenggarakan Gaikindo di Hotel Intercontinental Mid Plaza, Jakarta, Rabu 18 Januari 2012.

Vivek menuturkan, pada 2012, Indonesia akan menyaksikan peluncuran atau facelift dari sekitar 25-30 model baru yang diperkirakan meningkatkan penjualan.

"Produsen-produsen Jepang, terutama Toyota, Honda, dan Suzuki akan berlomba-lomba menjadi yang terdepan dengan memperkenalkan model-model terbaru mereka. Bila dijumlahkan akan mencapai sekitar 15-20 model pada 2012," ungkapnya.

Dia menambahkan, Ford, Hyundai, Proton, dan BMW juga diperkirakan menandai pasar Indonesia dengan memperkenalkan lebih dari dua model tahun ini.

Selanjutnya, Vivek menambahkan, penjualan kendaraan pada 2012 akan didorong oleh segmen 4x2 dengan pertumbuhan sebesar 6,5 persen year on year hingga 606.100 unit.

Segmen sedan, menurut Vivek, diperkirakan turun 4,5 persen year on year menjadi 25.520 unit sebagai akibat dari beralihnya pilihan konsumen dari sedan ke model SUV dan mobil kompak perkotaan.

Dia juga memprediksi segmen 4x4 akan tumbuh 12,3 persen year on year mencapai 6.380 unit yang didukung oleh model-model populer saat ini, seperti Pajero, Ford Ranger, dan beberapa model merek premium lainnya.

Sementara itu, seiring dengan tumbuhnya ekonomi, segmen truk pickup akan tumbuh signifikan sebesar 7,6 persen year on year hingga 286.281 unit pada 2012.

Vivek menambahkan, segmen double cab diprediksi tumbuh 8,1 persen year on year hingga 20.183 unit. "Popularitas double cab telah meningkat sebagai kendaraan dengan gaya hidup mewah, karena dapat digunakan juga untuk tujuan komersial," ujarnya.

Salip Thailand
Sementara itu, Vivek mengatakan bahwa tahun 2011 merupakan pasar yang sangat baik bagi industri otomotif Indonesia. Total volume penjualan di industri otomotif diperkirakan tumbuh 16,4 persen year on year hingga 890.410 unit, terlepas dari krisis ekonomi global dan bencana alam yang menimpa Jepang dan Thailand.

"Indonesia telah mengalahkan Thailand sebagai pasar otomotif terbesar di ASEAN pada 2011. Thailand diproyeksikan bertahan dengan total volume di industrinya year on year sekitar 800.300 unit," kata Vivek.

Penjualan kendaraan penumpang di Indonesia, kata Vivek, pada 2011 didorong oleh pertumbuhan segmen 4x2, karena banyaknya model baru yang ditawarkan.

Namun, untuk segmen sedan turun 19,4 persen menjadi 26.712 unit, akibat dari sedikitnya model baru yang ditawarkan dan preferensi konsumen terhadap tipe-tipe kendaraan lainnya seperti MPV dan mobil kompak perkotaan.

"Terdapat kenaikan signifikan di segmen 4x2, tumbuh 12,8 persen yoy menjadi 569.274 unit, berkat popularitas model-model seperti MPV, mobil kompak perkotaan, mini-van, dan SUV," ujarnya.

Model-model ini, Vivek melanjutkan, mencakup MPV seperti Avanza, Xenia, Innova, Livina, APV, dan jenis mobil kompak perkotaan seperti Jazz, Yaris, Fiesta, serta mini-van seperti Freed, Grand Max, dan Alphard. Sedangkan model SUV seperti CR-V, Rush, Terios, Fortuner, Pajero, Juke, dan Captiva.

Pada 2011, Vivek menambahkan, Indonesia juga mengalami pertumbuhan signifikan di segmen 4x4, atau naik 48,1 persen yoy mencapai 5.682 unit berkat peluncuran berbagai model baru seperti Pajero Sport 4x4, Fortuner, Captiva, dan mobil-mobil mewah seperti Hummer, Jeep, Lexus, dan Toyota Land Cruiser.

"Untuk segmen komersial, truk pickup dan double cab kemungkinan telah membukukan pertumbuhan sebesar 30 persen yoy, sedangkan bus turun 5,5 persen," kata dia. (art)

Muncul Wabah Langka dan Mematikan di Jepang, 21 Orang Meninggal
Taksi Terbang

Pemerintah Ingin Taksi Terbang Meluncur dalam 2 Tahun

Taksi terbang pertama bisa lepas landas di Inggris tahun 2026 dan menjadi pemandangan biasa di langit dua tahun setelahnya, jika pengumuman pemerintah berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024