Wajah Mio Injeksi yang Bakal Diluncurkan

Yamaha Mio Injeksi atau Mio J FI
Sumber :
  • Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Yamaha Motor Kencana Indonesia memamerkan skutik injeksi terbarunya, Yamaha Mio Injeksi atau Mio J FI, di show room dealer DDS Yamaha Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Skutik yang rencananya dilepas ke pasar pada Maret mendatang ini, memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan Mio injeksi versi Thailand.

Desain bodi depannya terlihat serupa dengan Mio Sporty. Lekukan di sekujur bodinya sengaja dibuat lebih melengkung dan eksotis. Kesan aerodinamis juga terlihat dengan sentuhan sudut yang dibuat lebih tajam. Mulai dari desain batok lampu depan, lampu sein, dan spakbor depan serta belakang.

Bagian lampu depan (headlamp) memiliki bentuk yang diadopsi dari Yamaha Nouvo. Adapun untuk lampu belakang dibuat sangat lebar dan menyerupai desain Yamaha Mio Sporty. Sedangkan spakbor belakang seperti Mio Soul, tapi dibuat lebih lebar agar dapat menahan cipratan air.

Untuk desain striping, Mio J FI memiliki grafis sederhana dan tidak terlalu mencolok. Skutik ini dilengkapi kunci kontak yang memiliki pengaman bermagnet sehingga tidak rentan dicuri. Mekanisme membukanya cukup praktis, dengan memutar diameter luar rumah kunci.

Kesan trendy dan sporty juga terlihat dari desain speedometer. Dengan iluminasi warna hijau yang memudahkan pengendara untuk bisa membacanya. Beralih ke akomodasi, Mio J FI memiliki bagasi yang cukup luas, meski belum bisa menampung 1 helm. Namun, bagasi ini setidaknya bisa memuat jas hujan.

Di bawah jok terdapat gantungan barang yang mampu mengangkut barang dengan bobot maksimum 1 kilogram. Skutik ini juga telah mengadopsi Auto Headlamp On (lampu langsung ketika mesin dihidupkan).

Desain mesin Mio J FI memang dibuat serupa dengan Mio karburator. Hanya saja, pada Mio J FI air filter diletakkan di atas transmisi CVT dan adanya penutup di bagian kipas pendingin di sisi sebelah kanan.

Bentuk velg, suspensi, ukuran rodanya sama persis seperti Mio generasi lawas. Rencananya Yamaha akan melepas ke pasar dengan dua pilihan varian. Kedua varian itu adalah Mio J FI versi velg palang atau casting wheel dan versi jari-jari atau spoke wheel.

Yamaha Mio J FI dipersenjatai mesin 4 tak, SOHC berkapasitas 113,69 cc. Sistem pengabutan mesin motor ini sudah menggunakan sistem Fuel Injection (FI) terbaru yang disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).

Skutik yang memiliki bobot 93 kg ini, juga dibekali ukuran tangki bahan bakar yang lebih besar (4,8 liter). YMJET-FI diklaim mampu membuat konsumsi bahan bakar minyak pada motor ini menjadi lebih efisien dan hemat di atas 30 persen.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah
Petugas dari Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Metropolitan Tangerang melakukan perekaman data pemohon SIM di Mal Pelayanan Kantor Pemerintahan Kota Tangerang, Tangerang, Banten

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen penting bagi pengguna kendaraan bermotor. Masa berlaku SIM memiliki batas waktu, dan perlu diperpanjang sebelum habis. Pada hari

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024