Mungkinkah Mio Generasi Lawas Dibunuh

Yamaha Mio Sporty dan Mio Soul
Sumber :
  • Yamaha

VIVAnews - Yamaha Indonesia menjadi produsen motor yang 'melaju kencang' di awal 2012. Tidak tanggung-tanggung mereka langsung menggebrak pasar motor tanah air, dengan meluncurkan dua generasi terbaru dari skutik andalannya, Mio.

Varian pertama adalah Mio bergaya retro atau Mio Fino. Skutik ini digadang-gadang akan menjadi senjata Yamaha untuk menekan laju kompetitor utamanya, Honda Scoopy. Mio Fino diplot oleh Yamaha untuk menyasar segmen anak muda, khususnya wanita.

Diharapkan skutik yang mesinnya diadopsi dari Mio Soul ini, mampu 'mencuri' pasar skutik retro style di pasar otomotif nasional. Lihat spesifikasi detail Mio Fino di sini.

Varian Mio terbaru lainnya adalah Mio J. Skutik ini menjadi bentuk komitmen Yamaha untuk ikut ke era injeksi. Mio J menjadi motor matik pertama Yamaha, yang sistem pengabutan mesinnya sudah menggunakan sistem Fuel Injection (FI) terbaru atau disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).

Mio J sudah memiliki teknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston pada mesinnya. Dengan perpaduan tersebut, Yamaha mengklaim kalau motor ini mampu menampilkan performa tinggi dengan konsumsi BBM lebih irit 30 persen, dengan kelincahan sesuai reputasi Mio. Lihat spesifikasi detail Mio J di sini.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Namun, lahirnya generasi terbaru dari Mio ini menimbulkan pertanyaaan. Apakah Yamaha akan menghentikan produksi generasi lawas Mio, seperti Mio CW, Sporty, Soul--ketiga Mio ini mengusung sistem karburator. Mio pertama kali diluncurkan Yamaha pada 2003 silam.

"Tentunya kami selalu melihat permintaan konsumen atau pasar. Kalau responsnya masih tinggi akan tetap diproduksi. Tapi jika tidak, ya sudah tentu generasi Mio yang terdahulu tidak lagi diproduksi," kata General Manager Marketing dan Promosi, Yamaha Motor Indonesia, Eko Prabowo di Bandung, Jawa Barat, Kamis 26 Januari 2012.

Seperti diketahui, secara keseluruhan total penjualan Yamaha dari Januari hingga Desember 2011 adalah 3.147.873 unit. Kontribusi tertinggi masih berasal dari Mio, yang menorehkan penjualan 1.475.243 unit. Yamaha sendiri telah memasang target 3,7 juta unit penjualan di tahun 2012, yang 50 persennya adalah Mio berbagai seri, termasuk generasi terbaru Mio, Fino dan Mio J.

Saat disinggung jenis motor injeksi apa lagi yang akan dirilis Yamaha di tahun ini, Eko belum bersedia berkomentar lebih banyak. "Kita tunggu saja nanti," ujarnya singkat.

Namun, setelah Mio versi injeksi, Yamaha ditenggarai akan meluncurkan motor injeksi dari segmen bebek andalannya, Jupiter Z. Benarkah demikian?

Penyakit Demam Berdarah di Jakarta dikatakan meningkat sejak memasuki tahun 2024.

Waspada! Demam Berdarah Mengganas, Jakarta Jadi Episentrum dengan 35 Ribu Kasus

Angka kasus demam berdarah di Indonesia kembali meningkat. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan hingga Kamis sore 28 Maret 2024 tercatat sudah ada 390 kematian

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024