150 Mobil Dicuri Setiap Hari di Malaysia

Mobil curian yang disita polisi
Sumber :
  • VIVAnews/Nicolaus Tomy Kurniawan

VIVAnews - Aksi pencurian kendaraan bermotor di Malaysia terbilang cukup tinggi. Tercatat, sedikitnya 150 kendaraan hilang digasak kawanan pencuri setiap harinya di negeri Jiran.

Dilansir Inautonews.com, Rabu 1 Februari 2012, merek mobil yang kerap kali menjadi incaran pencuri adalah Proton, Perodua, Toyota (Hilux), dan Honda (Civic).

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik

Berdasarkan data kepolisian Malaysia, sejak 2010-2011 sebanyak 112.503 unit mobil dilaporkan hilang, dimana 57.462 unit di antaranya terjadi pada 2010. Sedangkan sampai September 2011 lalu, tercatat kendaraan yang hilang sebanyak 55.041 unit.

"Ada permintaan besar kendaraan curian di daerah terpencil. Beberapa digunakan dalam perampokan dan kegiatan kriminal lain. Sementara model-model tertentu untuk diekspor ke luar negeri," kata Direktur Federal CID, kepolisian Malaysia, Comm Datuk Seri Mohd Bakri Zini

Menurutnya, kendaraan seperti Toyota Hilux dicuri untuk memenuhi permintaan besar model four-wheel drive di Timur Tengah. "Biasanya mobil jenis ini digunakan untuk pasukan pemberontak, karena bisa menampung senjata," ungkap dia.

Ditambahkan dia, tingginya angka pencurian tidak berpengaruh pada model dan tahun pembuatan. Model baru maupun lama tetap saja menjadi incaran pencuri. "Karena mobil-mobil curian ini dibongkar dalam bentuk potongan dan dijual belikan." ujarnya.

Tingginya angka pencurian, membuat perusahaan asuransi di Malaysia menghabiskan dana hampir dua kali lipat dalam 10 tahun terakhir, atau mencapai US$250 juta atau sekitar Rp2,2 triliun pada 2011. Dana ini untuk membayar klaim sekitar 8.736 mobil dan 27.304 sepeda motor.

Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024