0-100 Km/Jam, Motor Ini Cuma Butuh 0,7 Detik

Gulf Dragster, motor dengan akselerasi tercepat di dunia
Sumber :
  • Motorbeam

VIVAnews - Gulf Top Fuel Drag Bike, atau Gulf Dragster berhasil meraih predikat sebagai sepeda motor dengan akselerasi tercepat di dunia. Motor itu mampu berakselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dalam 0,7 detik

Dilansir Motorbeam, Selasa 7 Februari 2012, Motor yang memiliki kecepatan maksimal 400 km/jam hanya dalam enam detik ini, mengusung mesin 1.585 cc. Mesin tersebut dipadukan dengan HPS 2.1 RC supercharger yang mampu memproduksi 1.500 tenaga kuda.

Adapun untuk bahan bakarnya, Dragster tidak menggunakan bensin biasa, tapi menggunakan campuran 85 persen nitromethane dan 15 persen methanol. Bahan bakar itu dikrim melalui sistem injeksi, dengan konsumsi bahan bakar 57 liter per mil.

Pengiriman tenaga mesin dikirim melalui kopling yang dirancang khusus, dan kemudian ke gearbox kedua sebelum disalurkan ke roda. Sedangkan garpu depannya menggunakan Suzuki GSX-R 1000.

Angka maksimal yang dicetak motor itu memang membuat performa dan komponen mesin benar-benar berkerja berat. Perbandingannya, satu busi hanya bisa dipakai dalam jarak 402 meter.

Dari segi desain, Dragster dirancang dengan depan stang berjarak cukup jauh dari tempat duduk. Ini membuat Dragster terlita tidak praktis dalam penggunaannya.

Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya
Gelombang tinggi laut terjang pesisir pantai (foto ilustrasi)

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 20 hingga 21 A

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024