10 Mobil Mungil yang Kebal Tabrakan (1)

Chevrolet Volt
Sumber :
  • General Motors

VIVAnews - Produsen mobil di dunia terus mengembangkan fitur keamanan dan keselamatan dari setiap produknya. Cara ini dinilai efektif untuk bisa menekan angka kecelakaan yang merenggut korban jiwa, baik dari penumpang, pengemudi, maupun pejalan kaki.

Berdasarkan data Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya AS (NHTSA), disebutkan, 37.788 korban tewas di jalan raya Amerika Serikat sepanjang 2010. Rata-rata, setiap 16 menit terjadi kasus kecelakaan lalu lintas di negeri Paman Sam itu. Adapun korban kecelakaan paling banyak adalah orang yang berusia sekitar 25-30 tahun.

Dari data itu, tentunya membuat setiap konsumen lebih cermat memilih mobil yang aman dan minim risiko ketika terjadi kecelakaan.

Dilansir majalah Forbes, Rabu 8 Februari 2012, kecenderungan konsumen saat ini adalah memilih mobil berukuran kecil, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan. Selain itu, mobil mungil dinilai cukup efektif untuk bisa menerobos kemacetan.

Meski berbodi kecil tidak membuat aspek keselamatan dan keamanannya berukurang, terutama saat terjadi tabrakan. Forbes merilis 10 daftar mobil kecil yang aman saat ini. Kesepuluh mobil ini telah menjalani uji tabrak di Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Dalam uji tabrak itu, ada beberapa aspek keamanan yang harus dipenuhi dari mobil-mobil tersebut. Mulai dari fungsi seat belf, airbag, hingga kekuatan bahan bodi material mobil untuk menahan benturan.

Berikut daftar lengkapnya:

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

1. Audi A3

Mobil jenis hatchback mewah lansiran tahun 2012 ini menjadi mobil kecil teraman. Hal ini berkat fitur keselamatan aktif dan pasif seperti airbags di depan, samping, dan belakang mobil, serta fitur Antilock Brake System (ABS) dan Electronic Stability Control (ESP).

2. Buick Verano

Mobil mewah yang head-to-head dengan Chevrolet Cruze ini dilengkapi 10 airbag. Mulai dari airbag di bagian leher untuk pengemudi, penumpang depan, dan bagian atap mobil untuk penumpang belakang.

General Motors mengklaim mobil ini memiliki sistem otomatis untuk mencari bantuan jika terjadi kecelakaan.

3. Chevrolet Cruze

Chevy Cruze juga dilengkapi sedikitnya 10 airbag, termasuk di atas untuk penumpang belakang, dan airbag untuk melindungi lutut di bagian depan. Cruze memiliki sistem otomatis untuk mencari bantuan jika terjadi kecelakaan.

4. Chevrolet Sonic

Model Chevy 2012 ini memiliki fitur canggih untuk sebuah mobil kompak. Mobil yang di bawah kelas Cruze ini dilengkapi 10 airbag, termasuk di atap untuk melindungi penumpang belakang dan perlindungan lutut penumpang depan.

Tak ketinggalan, Chevy Sonic memiliki sistem otomatis untuk mencari bantuan jika terjadi kecelakaan.

5. Chevrolet Volt

Mobil yang dibanderol lebih dari US$39.000 atau sekitar Rp350 juta, kaya akan fitur keselamatan. Mobil bertenaga listrik ini mampu menempuh jarak sejauh 64 kilometer. Efisiensi bahan bakar kombinasi diklaim mencapai 40 km/liter.

Untuk fitur keselamatannya, terdapat airbag di bagian lutut penumpang depan. Serta sistem otomatis untuk mencari bantuan jika terjadi kecelakaan. (art)

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Widodo Beri Motivasi Pemain Arema FC Usai Takluk Dari Persebaya

Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono putro berusaha memberi motivasi para pemain usai kembali menelan kekalahan secara beruntun di Liga 1. Mereka kalah dari Persebaya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024