Mobil-mobil Paling Bersih di Masa Depan (1)

Audi Q5
Sumber :
  • Audi.com

VIVAnews - Produsen mobil di dunia terus mengembangkan teknologi baru yang membuat mobil-mobil hemat bahan bakar tanpa harus mengorbankan performa yang dimiliki.

Dilansir Automotto, Kamis 16 Februari 2012, irit, ramah lingkungan, serta memiliki tenaga yang baik menjadi ikon dari mobil di masa mendatang. Tak heran jika para produsen mobil mulai siap membanjiri pasar dengan teknologi yang mengadopsi ketiga syarat tersebut.

Tidak untuk menurunkan polusi udara, mobil-mobil ini nantinya juga mengedepankan menggunaan bahan bakar yang ekonomis. Berikut daftar 10 mobil paling menjanjikan untuk 'penghijauan' di masa depan:

1. Lotus Elite

Lotus Elite adalah kendaraan konsep hybrid yang siap mendarat di tahun 2014. Sedan coupe ini menawarkan Kinetic Energy Recovery System atau disebut teknologi hybrid KERS. Teknologi ini sebenarnya dikembangkan untuk digunakan mobil Formula 1 yang banyak membutuhkan banyak kecepatan dan pengereman.

Teknologi KERS dapat mengumpulkan energi gerak yang menyalurkan tenaga pada roda yang bergerak cepat untuk pengereman. Sistem ini menyimpan tenaga yang akan dimanfaatkan untuk disalurkan ke motor listrik saat diperlukan, terutama saat perpindahan gigi yang lebih tinggi.

2. Audi Q5

Audi Q5 telah dirancang dengan desain yang hemat bahan bakar demi emisi gas buang yang bersih dan ramah lingkungan. Selain itu, mobil ini dirancang dengan bobot yang lebih ringan untuk jarak tempuh lebih jauh.

Ide inilah yang akhirnya membuat perusahaan ingin menggabungkan mobil dengan bobot ringan, kemampuan daya angkut, tahan lama dan aman. Sport Utility Vehicle (SUV) sangat cocok untuk perpaduan tersebut. Bahan dari mobil ini tahan terhadap panas 950 derajat celcius. Mobil ini diuji pada beberapa zona panas dengan temperatur berbeda, dengan material bodi yang kuat dan ringan.

3. Mazda SKY Engines

Inilah mesin masa depan Mazda yang efisien bahan bakar dengan varian SKY G bensin dan SKY G bermesin diesel. Teknologi mesin ini memberikan penghematan bahan bakar yang akan sebanding dengan kendaraan hybrid lainnya.

Mesin SKY akan beroperasi dengan teknologi SKY-Drive bertransmisi otomatis dan manual. Efisiensi bahan bakar juga terwujud berkat berkurangnya bobot dan penyempurnaan pengendalian. Fitur lainnya yakni sistem 'idle stop', dimana mesin akan mati di saat berhenti dan hidup kembali di saat melaju secara otomatis.

4. BMW Seri 1

Sedan mewah buatan Jerman ini menggunakan teknologi hybrid, dengan mengandalkan mesin bensi empat silinder yang akan dipadukan dengan Auxiliary Power Unit. APU merupakan sistem komputerisasi, dengan cara kerja yang penggunaannya dapat diisi ulang dengan mudah.

5. Audi A2 Concept

Mobil dengan lima pintu ini menggunakan teknologi listrik dengan menggunakan baterai lithium. Teknologi baterai ini lebih baik berkat penggunaan teknologi putaran parsial.

Inilah yang membuat umur baterai lebih panjang dan membuat kinerjanya memiliki jangka waktu lebih, yang tidak mungkin dilakukan baterai lithium biasa. Selain itu, Audi A2 menyematkan sistem electric brake-by-wire dan steer-by-wire yang menambah efisiensi. Bersambung... (eh)

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024