VIDEO: Mobil Lipat Mulai Dijual Tahun Depan

Mobil lipat (Hiriko EV)
Sumber :
  • Leftlanenews

VIVAnews - Semakin sempitnya lahan parkir, membuat produsen mobil di dunia melakukan inovasi untuk menciptakan mobil yang dapat dilipat layaknya sebuah sepeda.

Dilansir Autoblog dan Inautonews, Jumat 27 Januari 2012, mobil yang diberinama Hiriko EV dipamerkan di Brussels, Belgia. Hiriko EV memiliki desain  mungil dan hanya mampu menampung dua penumpang.

Mobil yang ditenagai motor listrik di setiap rodanya ini, dibekali desain suspensi unik, yang memungkinkan kendaraan dapat dilipat, dan memutar kabin secara vertikal untuk dapat diparkir di lahan yang minim. Mobil lipat ini memungkinkan panjang mobil berkurang dari 2,5 meter menjadi 1,5 meter.

Hiriko EV hanya memakan sekitar satu per tiga dari lahan parkir yang dibutuhkan oleh smart fortwo--mobil mungil besutan Mercedes-Benz. Keunikan lainnya yang dimiliki mobil ini adalah, akses pintu tunggal di bagian depan mobil.

Sehingga tidak membuat pemiliknya merasa takut jika mobilnya tergores atau terbentur ketika keluar dan masuk dalam mobil, meski celah parkir cukup sempit. Lihat videonya di sini.

Hiriko EV lahir berkat kerjasama sekelompok pebisnis Basque, pemerintah Spanyol dan MIT media lab. Rencananya mobil ini akan mulai diproduksi massal di Spanyol, tahun depan.

Saat ini sudah terdapat 20 unit Hiriko EV, yang diperuntukkan untuk proses uji coba. Satu unit mobil ini membutuhkan biaya produksi sebesar US$16.253 atau sekitar Rp145 juta.

"Hiriko EV memiliki tenaga baterai yang dapat menempuh jarak hingga 120 km. Mobil ini akan mulai dijual pada tahun 2013," kata Jose Manuel Barroso, selaku Presiden European Commission.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR
Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Wakil Ketua Tim Pembela Hukum Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan menegaskan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merupakan yang paling damai dan baik bukan pemilu paling buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024