Menristek: Esemka Bisa Jadi Industri Besar

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVanews - Menteri Negara Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, mengatakan Mobil Kiat Esemka bisa menjadi industri besar dengan kapasitas produksi lebih besar dari jumlahnya sekarang. Gusti pun mengungkap bahwa Esemka telah memenuhi standar umum uji emisi.

"Standar biasa sudah mereka penuhi. Untuk standar yang lebih, yaitu Euro 2, akan terus kita dorong," kata Menristek, usai pembukaan seminar Ekspose Hasil Riset Industri di Kantor BPPT, Jakarta, Rabu 29 Febuari 2012.

Hatta melihat bahwa apa yang dilakukan oleh Esemka merupakan bentuk kemandirian teknologi. Kementerian Ristek, lanjutnya, juga sudah mengirim tim untuk mengembangkan mobil buatan anak SMK tersebut.

"Kami lihat kelebihan dan kekurangannya. Tapi kekurangannya itu yang penting, untuk pengembangan," ujar Gusti Muhammad Hatta.

Ia juga mengingatkan,  seharusnya ada perusahaan lain yang mendukung pengembangan mobil esemka. "Harus didekatkan dengan kalangan industri," ujarnya. Namun, Menristek melihat, Walikota Solo Joko Widodo sudah menyiapkan hal tersebut.

Meski Mobil Esemka dinilai bukan kategori industri besar karena kapasitas produksinya baru ratusan, Hatta tetap mendukung pengembangan mobil itu. "Ristek mulai kembangkan SDM-nya lagi," katanya.

Kementerian Ristek juga akan mengupayakan mendekatkan produk mobil Esemka dengan kalangan industri, agar melangkah lebih jauh lagi. "Untuk itu, kita selalu mengupayakan hasil riset itu, supaya industri tertarik," Menteri Gusti menambahkan.(np)

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024