BBM Naik, Produsen Motor Panen Keuntungan?

Vario Techno 125 Programme Fuel Injection (PGM-FI)
Sumber :
  • VIVAnews/Randi Aditya

VIVAnews - Rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada April mendatang, tidak akan berdampak buruk terhadap industri motor tanah air. Kenaikan ini justru menjadi momentum kenaikan penjualan sepeda motor.

Para produsen motor justru berlomba-lomba untuk meluncurkan sepeda motor di awal tahun ini. Mulai dari Yamaha dengan Mio J dan Honda dengan Vario Techno 125 Program Fuel Injection (PGM-FI) . Kedua sengaja diplot untuk menjadi solusi berkendaraan di tengah kenaikan harga BBM.

"Rencana kenaikan harga BBM tidak membuat kami memperbaiki target penjualan. Ini tidak akan berdampak buruk, justru akan menambah penjualan," kata General Manager Marketing dan Promosi, Yamaha Motor Indonesia, Eko Prabowo, Selasa 6 Maret 2012.

Menurutnya kenaikan harga BBM kemungkinan akan membuat sebagian besar pengguna mobil beralih menggunakan sepeda motor. "Mereka yang menggunakan mobil pribadi dengan kapasitas CC besar, akan berpikir dua kali menggunakannya. Justru ada peluang mereka beralih ke sepeda motor," kata dia.

Hal senada juga Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), Sigit Kumala. Ia menilai kenaikan ini tidak akan terlalu berdampak langsung pada penjualan sepeda motor.

Bahkan, AHM langsung menawarkan varian-varian terbaru sepeda motornya yang irit bahan bakar. "Semua produk honda khususnya yang berteknologi Program Fuel Injection (PGM-FI) memiliki efisiensi bahan bakar. Jadi konsumen tidak perlu takut meskipun terjadi kenaikan harga BBM," kata Sigit.

Sikap optimis pula oleh Kawasaki Motor Indonesia. Menurut Reiner M Sitorus, Market Service Marketing & Sales Division Head KMI, kenaikan harga BBM tidak akan mempengaruhi penjualan Kawasaki di tanah air.

"Kami lebih bermain di motor sport, tentu konsumennya sudah terbiasa menggunakan Pertamax. Jadi ini tidak akan berdampak. Bahkan, kami siap meluncurkan 2 model terbaru di tahun ini," kata Reiner.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), 666.541 unit sepeda motor mampu terjual di bulan Februari 2012.

Adapun untuk posisi pertama ditempati oleh Honda, dengan penjualan 355.580 unit. Kemudian diusul oleh Yamaha dengan penjualan 257.881 unit.

Sedangkan di posisi selanjutnya masing-masing ditempati oleh Suzuki (41.396 unit), Kawasaki (10.244 unit), dan TVS (1.449 unit). (adi)

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya
Grup K-Pop BTS

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Di antara berbagai grup dan artis Kpop yang meraih popularitas global, BTS (Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene) telah memperoleh tempat yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024